Hubungan pola asuh orang tua yang bekerja dengan perkembangan sosial emosional anak usia prasekolah

Islamiah, Nafa Zul (2024) Hubungan pola asuh orang tua yang bekerja dengan perkembangan sosial emosional anak usia prasekolah. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini banyak orang tua yang bekerja sehingga waktu untuk bersama anak menjadi berkurang. Perkembangan sosial emosional sangat diperlukan dalam kehidupan anak baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekolah. Faktor perkembangan sosial emosional anak sangat dipengaruhi oleh faktor pola asuh orang tua. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial emosional anak usia prasekolah. Penelitian ini menggunakan hubungan korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini orang tua bekerja yang memiliki anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita Persatuan Desa Kesamben Wetan Kecamatan Driyorejo Gresik sebanyak 67 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling sebanyak 40 orang. Instrument yang digunakan adalah PSDQ untuk pola asuh dan PSC-17 untuk sosial emosional. Penelitian ini menggunakan uji Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan nilai p-value = 0,000 dengan r = -0,531 yang berarti ada hubungan signifikan yang bersifat negatif antara pola asuh dengan perkembangan sosial emosional pada anak usia prasekolah. Pola asuh yang tepat diterapkan oleh orang tua kepada anak merupakan kunci agar pembentukan perkembangan sosial emosional pada anak menjadi optimal. Oleh karena itu, diharapkan orang tua dapat menerapkan pola asuh yang tepat agar anak dapat bersosialisasi sesuai dengan tahap perkembangannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Keperawatan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Juwita, Linda
NIDN0701088701
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Mare, Agustina Chriswinda Bura
NIDN0728089302
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Anak usia prasekolah, orang tua bekerja. perkembangan sosial emosional, pola asuh.
Subjects: Nursing Science
Divisions: Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program
Depositing User: Nafa Zul Islamiah
Date Deposited: 18 Jul 2024 04:32
Last Modified: 18 Jul 2024 04:32
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40293

Actions (login required)

View Item View Item