Optimasi formula tablet ekstrak kulit pisang agung varietas semeru (musa paradisiaca) menggunakan factorial design

Afotia, Dilla Sonia Wahyu (2024) Optimasi formula tablet ekstrak kulit pisang agung varietas semeru (musa paradisiaca) menggunakan factorial design. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic Univercity.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (762kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kulit pisang agung varietas Semeru (Musa paradisiaca) merupakan tanaman yang berkhasiat sebagai antidepresan. Kandungan zat aktif yang digunakan adalah flavonoid (morin). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konsentrasi magnesium stearat sebagai pelicin dan konsentrasi tepung buah pisang sebagai penghancur serta interaksi keduanya terhadap mutu fisik tablet ekstrak kulit pisang agung varietas Semeru (Musa paradisiaca) ditinjau dari kekerasan tablet, kerapuhan tablet, dan waktu hancur tablet dan untuk mengetahui rancangan formula optimum dari tablet. Pembuatan tablet menggunakan metode kempa langsung dengan 2 replikasi untuk setiap formulanya. Tingkat rendah dan tingkat tinggi untuk tepung buah pisang adalah 10% dan 15% sedangkan untuk konsentrasi magnesium stearat adalah 1% dan 2%. Formula optimum diperoleh dengan menggunakan factorial design dengan menggunakan software Design Expert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi tepung buah pisang berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kekerasan dan menurunkan waktu hancur. Konsentrasi magnesium stearat berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kekerasan dan waktu hancur. Sedangkan interaksi antara konsentrasi tepung buah pisang dan konsentrasi magnesium stearat berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kerapuhan dan waktu hancur. Berdasarkan factorial design di dapatkan formula optimum dengan konsentrasi tepung buah pisang sebesar 13,037% dan konsentrasi magnesium stearat 1,3535%, yang memberikan nilai teoritis yaitu kekerasan 5,543 KgF, kerapuhan 0,250%, dan waktu hancur 9,517 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hadisoewignyo, Y. Lannie
NIDN0728017101
lannie@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Optimasi, factorial design, tepung buah pisang, kulit pisang agung varietas Semeru (Musa paradisiaca), tablet.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Dilla Sonia Wahyu Afotia
Date Deposited: 28 Aug 2024 03:25
Last Modified: 28 Aug 2024 03:25
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40539

Actions (login required)

View Item View Item