Tingkat pengetahuan pemilih pemula Surabaya terkait informasi calon Presiden dan Wakil Presiden 2024 di akun Instagram Kumparan.com

Mahendra, Natanael Jonathan Steve (2024) Tingkat pengetahuan pemilih pemula Surabaya terkait informasi calon Presiden dan Wakil Presiden 2024 di akun Instagram Kumparan.com. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
abstrak_Natanael.pdf

Download (640kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
bab 5.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan pemilih pemula di Surabaya terkait informasi calon presiden dan wakil presiden 2024 di media sosial. Tingkat pengetahuan diukur berdasarkan tiga indikator pengetahuan produk, pengetahuan pembelian dan pengetahuan pemakian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian menggunakan metode survey yang mengukur pernyataan responden dengan skala ordinal. Penelitian ini menemukan hasil bahwa tingkat pengetahuan pemilih pemula Surabaya terkait informasi Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024 di akun Instagram kumparan.com tinggi. Setiap indikator tingkat pengetahuan mulai dari pengetahuan produk, pengetahuan pembelian, dan pengetahuan pemakaian mendapatkan skor pengetahuan yang tinggi, Hal ini juga dipengaruhi oleh pemilih pemula di Surabaya yang lebih banyak mengakses media online daripada media konvensional. Indikator pengetahuan pembelian memperoleh skor yang tinggi dikarenakan seluruh responden mengetahui bahwa akun Instagram kumparan.com bebas diakses siapapun dan tidak berbayar. Hasil temuan dan pembahasan peneliti tentang tingkat pengetahuan pemilih pemula Surabaya terkait informasi Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024 di akun Instagram kumparan.com, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan yang dimiliki adalah tinggi. Hal ini dikarenakan setiap indikator tingkat pengetahuan mulai dari pengetahuan produk, pengetahuan pembelian, dan pengetahuan pemakaian mendapatkan skor pengetahuan yang tinggi, Hal ini juga dipengaruhi oleh pemilih pemula di Surabaya yang lebih banyak mengakses media online daripada media konvensional lainnya. Data tabulasi menunjukkan bahwa usia mayoritas gen Z 20 tahun awal dengan target berita mengenai pemilu dan politik pada umumnya berita mengenai hal tema politik lebih diminati oleh laki-laki dibandingkan dengan perempuan. Usia masih awal dewasa belum produktif sebagai tenaga kerja berpenghasilan secara professional sehingga range pengeluaran masih standar antara Rp.1.500.001-Rp.2.000.000 per bulan dengan tingkat pendidikan SMA lebih dari 50%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hartanti, Theresia Intan Putri
NIDN0725058704
theresiaintan@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Yuliastuti, Maria
NIDN0707078607
maria_yuliastuti@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Product knowledge, purchase knowledge, usage knowledge, pemilih pemula, calon presiden dan wakil presiden 2024.
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science
Depositing User: Natanael Jonathan Steve Mahendra
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:26
Last Modified: 03 Jul 2024 08:26
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/39881

Actions (login required)

View Item View Item