Pendampingan Penyusunan Strategi Pemasaran Sebagai Dasar Menghadapi Persaingan Untuk Keunggulan Bersaing Pt Bank Kb Bukopin Cabang Madiun

Handayani, Wahyu Prabawati Putri and Susanti, Christina Esti (2023) Pendampingan Penyusunan Strategi Pemasaran Sebagai Dasar Menghadapi Persaingan Untuk Keunggulan Bersaing Pt Bank Kb Bukopin Cabang Madiun. Share: Journal Of Service Learning, 9 (2). pp. 115-121. ISSN p-ISSN 2338-7866 e-ISSN 2655-4720

[thumbnail of Pendampingan Penyusunan Strategi Pemasaran Sebagai Dasar Menghadapi Persaingan Untuk Keunggulan  Bersaing Pt Bank Kb Bukopin Cabang Madiun] Text (Pendampingan Penyusunan Strategi Pemasaran Sebagai Dasar Menghadapi Persaingan Untuk Keunggulan Bersaing Pt Bank Kb Bukopin Cabang Madiun)
19-Pendampingan_penyusunan_strategi_.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of Pendampingan Penyusunan Strategi Pemasaran Sebagai Dasar Menghadapi Persaingan Untuk Keunggulan  Bersaing Pt Bank Kb Bukopin Cabang Madiun] Text (Pendampingan Penyusunan Strategi Pemasaran Sebagai Dasar Menghadapi Persaingan Untuk Keunggulan Bersaing Pt Bank Kb Bukopin Cabang Madiun)
19-Pendampingan_penyusunan_strategi_hasil cek similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

PT Bank KB Bukopin merupakan industri perbankan yang menjalankan usaha berupa penghimpunan dana dan penyaluran kredit dengan tujuan untuk menjadi Bank yang tumbuh dan berkembang serta masuk ke kelompok bank menengah di Indonesia dari segi aset. PT Bank KB Bukopin menjalankan usaha berupa penghimpunan dana dan penyaluran kredit yang berfokus pada empat pilar utama yaitu bisnis Mikro, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Bisnis Konsumer serta Bisnis Komersial. Berdasarkan hasil identifikasi menunjukkan bahwa jumlah nasabah PT Bank KB Bukopin terus mengalami penurunan setiap tahunnya sehingga diperlukan strategi pemasaran untuk memenangkan persaingan pasar dan mendapatkan keunggulan bersaing. Analisis menggunakan strategi 7P (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) menyatakan bahwa prioritas utama yang harus diperbaiki oleh PT Bank KB Bukobin Cabang Madiun adalah promotion. Kondisi ini terjadi karena kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT Bank KB Bukopin Cabang Madiun tergolong kurang maksimal jika dibandingkan dengan perusahaan pesaing yang sejenis. Tahap identifikasi masalah inter-nal menunjukkan bahwa kegiatan promosi yang sedang dijalankan oleh PT Bank KB Bukopin Cabang Madiun saat ini terbatas pada: (1) sosialisasi ke dinas, sekolah, dan perusahaan; (2) sosial media melalui Instagram; (3) brosur. Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan rencana promosi, seperti: 1) Menggunakan influencer marketing, 2) Memasang baliho di pusat keramaian, 3) Mengikuti event marketing, 4) Sms-WA blast, 5) Kerjasama dengan merchant, 6) Sosial media, 7) Kerjasama dengan perusahaan/instansi sebagai salah satu strategi untuk mendapatkan ke-unggulan bersaing.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: analisis PEST, marketing mix, keunggulan bersaing, strategi pemasaran
Subjects: Business > Management
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 22 May 2024 07:06
Last Modified: 22 May 2024 07:06
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/39669

Actions (login required)

View Item View Item