Putri, Katarina Dewi Ananda (2023) Gambaran subjective well-being pada guru yang mengajar anak autisme. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK Naskah Skripsi_Katarina_Dewi_Ananda_Putri_7103019056.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB I Naskah Skripsi_Katarina_Dewi_Ananda_Putri_7103019056.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB II Naskah Skripsi_Katarina_Dewi_Ananda_Putri_7103019056.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB III Naskah Skripsi_Katarina_Dewi_Ananda_Putri_7103019056.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB IV Naskah Skripsi_Katarina_Dewi_Ananda_Putri_7103019056.pdf Restricted to Registered users only Download (709kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB V Naskah Skripsi_Katarina_Dewi_Ananda_Putri_7103019056.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN Naskah Skripsi_Katarina_Dewi_Ananda_Putri_7103019056.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Subjective well-being adalah kemampuan yang sangat berpengaruh dalam diri individu, dapat mempengaruhi individu baik dalam lingkungan pekerjaan maupun dalam lingkungan kehidupan sehari-hari. Guru inklusi memberikan bimbingan dalam belajar serta bermain kepada anak autisme di sekolah. Banyak permasalahan yang dihadapi saat mengajar anak autisme dan anak normal bersamaan tetapi anak-anak tersebut tetap merasa nyaman dengan pekerjaan yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat melihat gambaran subjective well-being pada guru yang mengajar anak autisme. Penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling untuk menentukan informan penelitian. Penelitian ini didapatkan bagaimana gambaran subjective well-being pada guru yang mengajar anak autisme yang ditunjukan dengan munculnya kedua aspek subjective well-being pada masing-masing informan. Selain itu juga terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi subjective well-being yakni harga diri, kepribadian, optimisme dan dukungan sosial yang dimiliki oleh guru yang mengajar anak autisme. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni theory-led thematic analysis dan menerapkan validitas argumentatif dan komunikatif. Setelah melakukan wawancara dan pengolahan data pada tiga informan guru yang mengajar anak autisme bisa disimpulkan bahwa informan dapat mengatasi permasalahan yang ada dan dapat menunjukkan aspek positif dalam kehidupannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Psikologi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor A. Rama, Made Dharmawan NIDN0724128705 made_dharmawan@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Guru, Subjective Well-Being, Anak Autisme |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Katarina Dewi Ananda Putri |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 04:26 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 04:26 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/37832 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |