Gambaran subjective well-being pada guru yang mengajar anak autisme

Putri, Katarina Dewi Ananda (2023) Gambaran subjective well-being pada guru yang mengajar anak autisme. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK Naskah Skripsi_Katarina_Dewi_Ananda_Putri_7103019056.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I Naskah Skripsi_Katarina_Dewi_Ananda_Putri_7103019056.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II Naskah Skripsi_Katarina_Dewi_Ananda_Putri_7103019056.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III Naskah Skripsi_Katarina_Dewi_Ananda_Putri_7103019056.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV Naskah Skripsi_Katarina_Dewi_Ananda_Putri_7103019056.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V Naskah Skripsi_Katarina_Dewi_Ananda_Putri_7103019056.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN Naskah Skripsi_Katarina_Dewi_Ananda_Putri_7103019056.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Subjective well-being adalah kemampuan yang sangat berpengaruh dalam diri individu, dapat mempengaruhi individu baik dalam lingkungan pekerjaan maupun dalam lingkungan kehidupan sehari-hari. Guru inklusi memberikan bimbingan dalam belajar serta bermain kepada anak autisme di sekolah. Banyak permasalahan yang dihadapi saat mengajar anak autisme dan anak normal bersamaan tetapi anak-anak tersebut tetap merasa nyaman dengan pekerjaan yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat melihat gambaran subjective well-being pada guru yang mengajar anak autisme. Penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling untuk menentukan informan penelitian. Penelitian ini didapatkan bagaimana gambaran subjective well-being pada guru yang mengajar anak autisme yang ditunjukan dengan munculnya kedua aspek subjective well-being pada masing-masing informan. Selain itu juga terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi subjective well-being yakni harga diri, kepribadian, optimisme dan dukungan sosial yang dimiliki oleh guru yang mengajar anak autisme. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni theory-led thematic analysis dan menerapkan validitas argumentatif dan komunikatif. Setelah melakukan wawancara dan pengolahan data pada tiga informan guru yang mengajar anak autisme bisa disimpulkan bahwa informan dapat mengatasi permasalahan yang ada dan dapat menunjukkan aspek positif dalam kehidupannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
A. Rama, Made Dharmawan
NIDN0724128705
made_dharmawan@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Guru, Subjective Well-Being, Anak Autisme
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Katarina Dewi Ananda Putri
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:26
Last Modified: 19 Jan 2024 04:26
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/37832

Actions (login required)

View Item View Item