Pengaruh media digital interaktif farmakologi bidang sistem integumen terhadap tingkat pemahaman dan motivasi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Purnama, Stephany Venesia (2023) Pengaruh media digital interaktif farmakologi bidang sistem integumen terhadap tingkat pemahaman dan motivasi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Latar Belakang : Teknologi merupakan hal yang penting dimasa kini. Dengan kemajuan teknologi tentu dapat membantu banyak sektor, salah satunya adalah dibidang pendidikan. Media belajar konvensional seperti buku, artikel, jurnal, atau literatur lain membuat siswa cenderung kurang termotivasi untuk belajar karena kurang menarik, monoton dan membosankan. Pembelajaran berbasis teknologi menjadikannya lebih menyenangkan. Pada fakultas kedokteran, banyak mata kuliah yang penting untuk dipahami. Salah satunya adalah farmakologi. Farmakologi menjadi perlu dipahami karena pengetahuan dalam bidang ini digunakan sebagai landasan memilih pengobatan yang tepat untuk pasien sesuai kondisi klinisnya. Tujuan : Mengetahui pengaruh penggunaan media digital interaktif farmakologi bidang sistem integumen terhadap tingkat pemahaman dan motivasi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Metode : Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan tes dan kuesioner yang diberikan sebelum dan sesudah penggunaan media digital interaktif. Serta menggunakan teknik analisis data Wilcoxon rank test. Hasil : Jumlah sampel penelitian ini yaitu sebanyak 70 orang dengan hasil yang didapatkan yaitu p = 0,000 Maka dapat disimpulkan H1 diterima artinya terdapat pengaruh penggunaan media digital interaktif farmakologi bidang sistem integumen terhadap tingkat pemahaman dan motivasi belajar mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Simpulan : Terdapat pengaruh penggunaan media digital interaktif farmakologi bidang sistem integumen terhadap tingkat pemahaman dan motivasi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Kedokteran
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Dewi, Bernadette Dian Novita
NIDN0705117803
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Oenarta, Dave Gerald
NIDN0723098907
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media digital, integumen, penyakit, pemahaman, motivasi, mahasiswa, Fakultas Kedokteran, Universitas Katolik Widya Mandala.
Subjects: Medicine
Medicine > R Medicine (General)
Medicine > RL Dermatology
Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Medicine > Medical Study Program
Depositing User: Stephany Venesia Purnama
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:16
Last Modified: 09 Jan 2024 07:16
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/37629

Actions (login required)

View Item View Item