Clarissa, Janice (2023) Pengaruh rebranding Facebook, Inc. menjadi Meta Platforms, Inc. terhadap corporate image meta. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (820kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) | Request a copy |
Abstract
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori rebranding, sebuah upaya komunikasi yang dilakukan oleh organisasi atau perusahaan dengan mengubah nama hingga strategi perusahaan untuk memperbaiki atau memulihkan citra dalam mencapai tujuan atau visi tertentu. Fenomena yang terjadi adalah perusahaan Facebook, Inc. melakukan rebranding menjadi Meta Platforms, Inc. dengan visi baru yaitu mewujudkan metaverse. Upaya ini menimbulkan berbagai respon dari publik, sebagian masyarakat mendukung dan ada yan menilai bahwa visi ini tidak akan tercapai serta dianggap sebagai upaya untuk mengalihkan isu perusahaan semata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif dan metode survei. Hasil yang ditemukan adalah terdapat pengaruh antara rebranding yang dilakukan perusahaan Facebook dari Facebook, Inc. menjadi Meta Platforms, Inc. terhadap corporate image Meta. Indikator tertinggi pada variabel rebranding adalah renaming dimana hasil tiap pernyataan dinilai berhasil dengan mayoritas responden mengetahui bahwa Facebook, Inc. mengubah namanya menjadi Meta Platforms, Inc. tanpa mengubah nama jejaring sosial ‘Facebook’ dengan tujuan agar tidak menimbulkan kebingungan publik. Indikator tertinggi pada variabel corporate image adalah primary impression dimana tiap pernyataan dinilai positif dengan mayoritas responden setuju bahwa kesan utama yang didapat ketika mendengar Meta Platforms, Inc. adalah perusahaan hasil rebranding Facebook, Inc. yang futuristik dengan visi metaverse, tidak hanya perusahaan media sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Ilmu Komunikasi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Fista, Brigitta Revia Sandy NIDN0715108903 UNSPECIFIED Thesis advisor Purnama, Finsensius Yuli NIDN0719078401 UNSPECIFIED |
Subjects: | Communication Science |
Divisions: | Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program |
Depositing User: | Janice Clarissa |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 01:56 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 01:56 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35195 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |