Pengaruh rebranding Facebook, Inc. menjadi Meta Platforms, Inc. terhadap corporate image meta

Clarissa, Janice (2023) Pengaruh rebranding Facebook, Inc. menjadi Meta Platforms, Inc. terhadap corporate image meta. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy

Abstract

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori rebranding, sebuah upaya komunikasi yang dilakukan oleh organisasi atau perusahaan dengan mengubah nama hingga strategi perusahaan untuk memperbaiki atau memulihkan citra dalam mencapai tujuan atau visi tertentu. Fenomena yang terjadi adalah perusahaan Facebook, Inc. melakukan rebranding menjadi Meta Platforms, Inc. dengan visi baru yaitu mewujudkan metaverse. Upaya ini menimbulkan berbagai respon dari publik, sebagian masyarakat mendukung dan ada yan menilai bahwa visi ini tidak akan tercapai serta dianggap sebagai upaya untuk mengalihkan isu perusahaan semata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif dan metode survei. Hasil yang ditemukan adalah terdapat pengaruh antara rebranding yang dilakukan perusahaan Facebook dari Facebook, Inc. menjadi Meta Platforms, Inc. terhadap corporate image Meta. Indikator tertinggi pada variabel rebranding adalah renaming dimana hasil tiap pernyataan dinilai berhasil dengan mayoritas responden mengetahui bahwa Facebook, Inc. mengubah namanya menjadi Meta Platforms, Inc. tanpa mengubah nama jejaring sosial ‘Facebook’ dengan tujuan agar tidak menimbulkan kebingungan publik. Indikator tertinggi pada variabel corporate image adalah primary impression dimana tiap pernyataan dinilai positif dengan mayoritas responden setuju bahwa kesan utama yang didapat ketika mendengar Meta Platforms, Inc. adalah perusahaan hasil rebranding Facebook, Inc. yang futuristik dengan visi metaverse, tidak hanya perusahaan media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Fista, Brigitta Revia Sandy
NIDN0715108903
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Purnama, Finsensius Yuli
NIDN0719078401
UNSPECIFIED
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Janice Clarissa
Date Deposited: 27 Jun 2023 01:56
Last Modified: 27 Jun 2023 01:56
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35195

Actions (login required)

View Item View Item