Agenda media dan agenda publik mengenai pemilu 2024 (Agenda media dan agenda publik mengenai pemilu 2024 pada masyarakat pulau Jawa di lima media online Indonesia)

Dawya, Shannon Ad (2023) Agenda media dan agenda publik mengenai pemilu 2024 (Agenda media dan agenda publik mengenai pemilu 2024 pada masyarakat pulau Jawa di lima media online Indonesia). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Revisi Sidang_File Skripsi Final ABSTRAK.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
Revisi Sidang_File Skripsi Final BAB 1.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Revisi Sidang_File Skripsi Final BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Revisi Sidang_File Skripsi Final BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Revisi Sidang_File Skripsi Final BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Revisi Sidang_File Skripsi BAB 5.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Revisi Sidang_File Skripsi Final LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan teori agenda setting yang terdiri dari agenda media, agenda publik, dan agenda kebijakan. Namun penelitian ini hanya menggunakan agenda media dan agenda publik dimana agenda media memengaruhi agenda publik melalui proses yang perlahan namun meningkat secara pasti (Dearing & Rogers, 1996, p. 62). Problematika yang sering terjadi ketika Pemilu apabila dilihat dari isu agenda setting adalah adanya perbedaan antara topik yang diusung oleh media dengan topik yang dianggap penting oleh publik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Terdapat dua metode yang digunakan yaitu metode analisis isi dan metode survei. Hasil dari penelitian ini yaitu agenda media sesuai dengan agenda publik, dimana lima media online di Indonesia dan masyarakat Pulau Jawa menganggap penting topik pemberitaan bakal calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024. Maka hasil tersebut menunjukkan bahwa media dan publik melihat pemberitaan Pemilu 2024 dan Pemilu itu sendiri sebagai sebuah kontestasi politik dan tidak terfokus pada gagasan atau ide yang diusung oleh aktor-aktor politik yang berpartisipasi dalam Pemilu. Dimensi agenda media yaitu dimensi visibility dan valence, serta dimensi dari agenda publik yaitu dimensi familiarity dan favorability, menggambarkan dengan baik masing-masing dimensi melalui hasil yang ditunjukkan pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hartiana, Theresia Intan Putri
NIDN0725058704
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Krisdinanto, Nanang
NIDN0726126602
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Agenda setting, pemberitaan, analisis isi, survei
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Shannon Ad Dawya
Date Deposited: 21 Jun 2023 01:55
Last Modified: 19 Oct 2023 08:48
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35071

Actions (login required)

View Item View Item