Pengaruh pemanfaatan E-Commerce, penggunaan sistem informasi akuntansi terhadap kinerja UMKM bidang makanan dan minuman di Kota Surabaya

Karyn, Stephanie (2023) Pengaruh pemanfaatan E-Commerce, penggunaan sistem informasi akuntansi terhadap kinerja UMKM bidang makanan dan minuman di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (573kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian. UMKM yang memiliki daya saing tinggi akan mampu menopang perekonomian. Jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Surabaya mengalami peningkatan tiap tahunnya. Namun, peningkatan jumlah tersebut masih belum menunjukkan peningkatan kinerja UMKM. Padahal, teknologi terus mengalami perkembangan. Berkembangnya teknologi menjadikan masyarakat cenderung menginginkan pelayanan yang cepat. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan e-commerce dan penggunaan sistem informasi akuntansi diharapkan dapat meningkatkan kinerja dari UMKM. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari pemanfaatan e-commerce dan penggunaan sistem informasi akuntansi terhadap kinerja UMKM bidang makanan dan minuman di Kota Surabaya. Variabel independen yang diteliti adalah pemanfaatan e-commerce dan penggunaan sistem informasi akuntansi. Objek penelitian adalah UMKM pada bidang makanan dan minuman di Kota Surabaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 148 UMKM yang dipilih dengan teknik convenience sampling. Sumber data yang diperoleh dengan melakukan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pemanfaatan e-commerce berpengaruh positif dan penggunaan sistem informasi akuntansi tidak berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM pada bidang makanan dan minuman di Kota Surabaya. Hal ini menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan e-commerce dapat meningkatkan kinerja UMKM nya. Sedangkan penggunaan sistem informasi akuntansi masih belum memberikan sebuah manfaat yang baik dan belum meningkatkan kinerja UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Harimurti, Yohanes
NIDN0711087507
y.harimurti@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan e-commerce, penggunaan sistem informasi akuntansi, kinerja UMKM.
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 12172 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:15
Last Modified: 08 Mar 2023 07:15
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33462

Actions (login required)

View Item View Item