Analisis supply chain resilience menggunakan metode IPA, ISM, dan QFD pada era disrupsi pandemi Covid-19 di PT Eco Smart Garment Indonesia (ESGI) Sambi

Sagitha, Bella Regina Rizky (2022) Analisis supply chain resilience menggunakan metode IPA, ISM, dan QFD pada era disrupsi pandemi Covid-19 di PT Eco Smart Garment Indonesia (ESGI) Sambi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy

Abstract

PT Eco Smart Garment Indonesia (ESGI) adalah sebuah perusahaan manufaktur yang merupakan anak perusahaan dari PT PAN Brothers Tbk & Group dan bergerak di bidang garment terbesar di Indonesia. Kegiatan magang dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai tanggal 6 Juni 2022 sampai 6 September 2022. Pada saat terjadi disrupsi seperti pandemi Covid-19, perusahaan ini mengalami penurunan pada aliran rantai pasoknya. Penelitian mendalam mengenai masalah yang terjadi pada perusahaan dilakukan selama satu bulan terakhir dari program magang untuk mengetahui masalah yang menyebabkan penurunan pada kinerja perusahaan serta faktor kapabilitas apa yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut untuk meningkatkan ketangguhan rantai pasok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Importance-Performance Analysis (IPA), Interpretive Structural Modeling (ISM), dan Quality Function Deployment (QFD). Metode IPA digunakan untuk mengetahui posisi kapabilitas yang didasari oleh tingkat kepentingan dan kepuasan menurut para expert perusahaan. Metode ISM digunakan untuk mengetahui hubungan dari setiap variabel kapabilitas perusahaan, sedangkan metode QFD digunakan untuk mengetahui hubungan antara masalah yang terjadi dengan variabel kapabilitas. Didapatkan hasil beberapa variabel kapabilitas yang sebaiknya dipertahankan oleh perusahaan yaitu komunikasi dan kerjasama perusahaan dengan satgas Covid-19, kesiapan perusahaan mengantisipasi adanya fluktuasi permintaan, alternatif transportasi, fluktuasi biaya pengiriman serta pendatangan bahan baku, dan juga saling berbagi informasi dalam internal perusahaan. Selain itu diperoleh juga tiga masalah yang dominan terjadi yaitu menurunnya jumlah persediaan bahan baku, jumlah penggunaan jam mesin, dan jumlah pengiriman barang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknik Industri
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Trihastuti, Dian
NIDN0007018201
d.trihastuti@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Sianto, Martinus Edy
NIDN0710047201
martinus.sianto@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Ketangguhan rantai pasok, kapabilitas, disrupsi, importance-performance analysis (IPA), interpretive structural modeling (ISM), quality function deployment (QFD).
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Bella Regina Rizky Sagitha
Date Deposited: 16 Jan 2023 04:37
Last Modified: 16 Jan 2023 04:37
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33156

Actions (login required)

View Item View Item