Pengaruh partisipasi anggaran, asimetri informasi, dan ketidakpastian lingkungan terhadap kesenjangan anggaran (budgetary slack)

Meily, Yolanda (2021) Pengaruh partisipasi anggaran, asimetri informasi, dan ketidakpastian lingkungan terhadap kesenjangan anggaran (budgetary slack). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (815kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy

Abstract

Kesenjangan anggaran merupakan adanya perbedaan anggaran yang diajukan dengan estimasi terbaik perusahaan, dimana anggaran pendapatan dibuat menjadi lebih rendah dan anggaran biaya dibuat menjadi lebih tinggi dengan sengaja. Hal ini menyebabkan kinerja perusahaan menjadi kurang maksimal ketika menentukan target yang akan dicapai dan tidak sesuai dengan tujuan perusahaan. Tindakan melakukan slack ini dipengaruhi oleh banyak faktor, dimana dalam penelitian ini yang akan diteliti adalah partisipasi anggaran, asimetri informasi, dan ketidakpastian lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran, asimetri informasi, dan ketidakpastian lingkungan terhadap kesenjangan anggaran. Eksperimen ini menggunakan desain 2x2x2 between subject dan dilakukan kepada mahasiswa S1 jurusan Akuntansi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya yang sedang atau telah menempuh mata kuliah Akuntansi Manajemen dan Sistem Pengendalian Manajemen sebagai objek penelitian. Pelaksanaan eksperimen ini dilakukan dengan memberikan skenario kasus dalam bentuk google form kepada partisipan secara acak yang disebarkan secara online. Hipotesis penelitian ini diuji menggunakan alat uji Analisis of Variance (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi anggaran dan ketidakpastian lingkungan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kesenjangan anggaran, dimana individu dengan partisipasi anggaran yang tinggi tidak menekan terjadinya kesenjangan anggaran dan individu dalam keadaan ketidakpastian lingkungan yang tinggi cenderung tidak melakukan kesenjangan anggaran. Sementara untuk hasil asimetri informasi menunjukkan bahwa asimetri informasi berpengaruh secara signifikan terhadap terjadinya kesenjangan anggaran, dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa individu dengan asimetri informasi yang tinggi akan cenderung melakukan kesenjangan anggaran dibandingkan individu dengan asimetri informasi yang rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Purwanto, Marini
NIDN0713067501
marini@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kesenjangan anggaran, partisipasi anggaran, asimetri informasi, ketidakpastian lingkungan
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Book > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Yolanda Meily
Date Deposited: 31 Jul 2024 09:02
Last Modified: 31 Jul 2024 09:02
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28510

Actions (login required)

View Item View Item