Perbandingan kadar flavonoid dan aktivitas antioksidan pada kulit bawang putih (Allium sativum), kulit bawang merah (Allium ascalonicum), dan kulit bawang bombay (Allium cepa)

Dewiswasti, Maria Putri Kirana (2024) Perbandingan kadar flavonoid dan aktivitas antioksidan pada kulit bawang putih (Allium sativum), kulit bawang merah (Allium ascalonicum), dan kulit bawang bombay (Allium cepa). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Seiring berjalannya waktu, pengadaan bawang tanpa kulit kepada konsumen semakin meningkat sehingga berdampak pada menumpuknya limbah kulit bawang yang dianggap tidak memiliki nilai ekonomis dan tidak dapat dimanfaatkan kembali. Bawang dikenal kaya akan kandungan fitokimia dan aktivitas antioksidan yang tinggi. Namun, kulit bawang diketahui memiliki kandungan fitokimia yang lebih tinggi dibandingkan bagian umbi bawang. Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan dan mengetahui kadar flavonoid dan aktivitas antioksidan dari kulit bawang putih (Allium sativum), kulit bawang merah (Allium ascalonicum) dan kulit bawang bombay (Allium cepa). Penetapan kadar flavonoid dilakukan dengan menggunakan spektrofotometri UV-Vis metode kolorimetri, dan penetapan aktivitas antioksidan menggunakan microplate reader metode DPPH (2,2-difenil-1-pikrihidrazil). Penetapan aktivitas antioksidan sampel kulit bawang dilihat dari hasil uji secara kualitatif yang dinyatakan dalam nilai IC50 atau inhibition concentration). Berdasarkan hasil data penelitian, kulit bawang putih (Allium sativum) memiliki rata-rata kandungan flavonoid sebesar 3,4455 mgQE/g dengan nilai IC50 (inhibition concentration) sebesar 841,4364 ppm, kulit bawang merah (Allium ascalonicum) memiliki rata-rata kandungan flavonoid sebesar 176,2472 mgQE/g dengan nilai IC50 (inhibition concentration) sebesar 54,8949 ppm, dan kulit bawang bombay (Allium cepa) memiliki rata-rata kandungan flavonoid sebesar 207,5205 mgQE/g dengan nilai IC50 (inhibition concentration) sebesar 46,2653 ppm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sinansari, Restry
NIDN0703088804
restry@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Diana, Diana
NIDN0702028703
diana_tan@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kulit bawang putih (Allium sativum), kulit bawang merah (Allium ascalonicum), kulit bawang bombay (Allium cepa), total flavonoid, aktivitas antioksidan, DPPH.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: MARIA PUTRI KIRANA DEWISWASTI
Date Deposited: 19 Jul 2024 05:11
Last Modified: 19 Jul 2024 05:11
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40376

Actions (login required)

View Item View Item