Sasmito, Daffa Putra Pratama (2024) Hubungan kualitas pelayanan program tuberkulosis paru dengan tingkat kepuasan dan kualitas hidup pasien tuberkulosis paru. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
![]() |
Text (ABSTRAK)
Abstrak .pdf Download (7MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (716kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Hambatan program TB Paru meliputi peningkatan kasus baru, rendahnya keberhasilan pengobatan, kualitas pelayanan kurang optimal, dan TB sebagai penyebab utama kematian setelah setelah ISPA. Ketidakberhasilan pengobatan disebabkan perilaku buruk petugas, jarak yang jauh, rendahnya dukungan dan ketidakpatuhan pengobatan. Masalah kepuasan pasien mencakup informasi tidak jelas, jadwal obat bentrok dengan jam kerja, waktu tunggu >30 menit. Masalah kualitas hidup yaitu efek samping obat, rendahnya motivasi berobat, pekerjaan, usia dan komordibitas. Rendahnya kualitas pelayanan berdampak pada kepuasan dan kualitas hidup pasien TB. Penelitian bertujuan mengetahui hubungan kualitas pelayanan program TB Paru dengan tingkat kepuasan dan kualitas hidup pasien TB Paru. Rancangan penelitian ini kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Variabel independen kualitas pelayanan, dependen kepuasan pasien dan kualitas hidup. Populasi penelitian sebesar 100 pasien TB Paru diPuskesmas Kota Surabaya. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 52 responden. Instrumen di penelitian yaitu SERVQUAL, PSQ-18, dan WHOQOL-BREF yang sudah uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan TB Paru mayoritas kualitas pelayanan baik 34 orang 65%, kepuasan sebanyak 49 responden 94% merasa puas, kualitas hidup sedang 28 repsonden 54%. Hasil uji rank spearman, p value = 0,000 < α (α = 0,05) terdapat hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dan nilai p value = 0592 > α (α = 0,05) tidak ada hubungan kualitas pelayanan terhadap kualitas hidup. Didapatkan hasil adanya hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien pada aspek (Reliability) dan (empathy). Pelayanan baik yang memenuhi 5 dimensi pelayanan dapat menyebabkan peningkatan kepuasan pasien, sedangkan kualitas hidup pasien tetap rendah karena faktor eksternal dan ekonomi meski pelayanan sudah baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Keperawatan |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Panglipurningsih, Ninda Ayu Prabasari NIDN0727108704 nindaayu@ukwms.ac.id Thesis advisor Sari, Nia Novita NIDN0709028805 nianovita@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan pasien. Kualitas hidup. Kualitas pelayanan. Tuberkulosis paru |
Subjects: | Nursing Science Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program > Thesis Proposal (S1) |
Depositing User: | Daffa Putra Pratama Sasmito |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 09:29 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 09:29 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40285 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |