Hubungan kualitas pelayanan program tuberkulosis paru dengan tingkat kepuasan dan kualitas hidup pasien tuberkulosis paru

Sasmito, Daffa Putra Pratama (2024) Hubungan kualitas pelayanan program tuberkulosis paru dengan tingkat kepuasan dan kualitas hidup pasien tuberkulosis paru. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak .pdf

Download (7MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Hambatan program TB Paru meliputi peningkatan kasus baru, rendahnya keberhasilan pengobatan, kualitas pelayanan kurang optimal, dan TB sebagai penyebab utama kematian setelah setelah ISPA. Ketidakberhasilan pengobatan disebabkan perilaku buruk petugas, jarak yang jauh, rendahnya dukungan dan ketidakpatuhan pengobatan. Masalah kepuasan pasien mencakup informasi tidak jelas, jadwal obat bentrok dengan jam kerja, waktu tunggu >30 menit. Masalah kualitas hidup yaitu efek samping obat, rendahnya motivasi berobat, pekerjaan, usia dan komordibitas. Rendahnya kualitas pelayanan berdampak pada kepuasan dan kualitas hidup pasien TB. Penelitian bertujuan mengetahui hubungan kualitas pelayanan program TB Paru dengan tingkat kepuasan dan kualitas hidup pasien TB Paru. Rancangan penelitian ini kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Variabel independen kualitas pelayanan, dependen kepuasan pasien dan kualitas hidup. Populasi penelitian sebesar 100 pasien TB Paru diPuskesmas Kota Surabaya. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 52 responden. Instrumen di penelitian yaitu SERVQUAL, PSQ-18, dan WHOQOL-BREF yang sudah uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan TB Paru mayoritas kualitas pelayanan baik 34 orang 65%, kepuasan sebanyak 49 responden 94% merasa puas, kualitas hidup sedang 28 repsonden 54%. Hasil uji rank spearman, p value = 0,000 < α (α = 0,05) terdapat hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dan nilai p value = 0592 > α (α = 0,05) tidak ada hubungan kualitas pelayanan terhadap kualitas hidup. Didapatkan hasil adanya hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien pada aspek (Reliability) dan (empathy). Pelayanan baik yang memenuhi 5 dimensi pelayanan dapat menyebabkan peningkatan kepuasan pasien, sedangkan kualitas hidup pasien tetap rendah karena faktor eksternal dan ekonomi meski pelayanan sudah baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Keperawatan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Panglipurningsih, Ninda Ayu Prabasari
NIDN0727108704
nindaayu@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Sari, Nia Novita
NIDN0709028805
nianovita@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien. Kualitas hidup. Kualitas pelayanan. Tuberkulosis paru
Subjects: Nursing Science
Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program > Thesis Proposal (S1)
Depositing User: Daffa Putra Pratama Sasmito
Date Deposited: 17 Jul 2024 09:29
Last Modified: 17 Jul 2024 09:29
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40285

Actions (login required)

View Item View Item