Prokrastinasi akademik dengan kontrol diri pada mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja

Bramwibowo, Yosafat Yoan (2024) Prokrastinasi akademik dengan kontrol diri pada mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
NEW ABSTRAK YOSAFAT.pdf

Download (838kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1 YOSAFAT.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 YOSAFAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 YOSAFAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV YOSAFAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
NEW BAB 5 YOSAFAT.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
NEW YOSAFAT LAMPIRAN (9).pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja banyak diminati oleh mahasiswa saat ini. Pekerjaan yang diminati saat ini bagi mahasiswa adalah bekerja kurang dari 8 jam dalam sehari. Mahasiswa meminati bekerja karena bisa membagi waktunya secara optimal untuk berkuliah sambil bekerja. Mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja cenderung mengalami prokrastinasi akademik (Arumsari & Muzaqi, 2020). Mahasiswa yang memiliki kendali diri yang baik akan dapat mengendalikan tanggung jawab akademisnya. Kemampuan ini akan berdampak positif bagi mahasiswa untuk menghindari dari prokrastinasi akademik. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeatahui hubungan antara kontrol diri dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja. Responden penelitian ini sebanyak 107 responden adalah 107 mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja yang berusia 18-25 tahun. Alat ukur penelitian ini adalah skala kontrol diri dan skala prokrastinasi akademik yang dibuat secara mandiri dan diperiksa oleh dosen sebagai expert judgement. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil sig 0.000 (p < 0.05) yang artinya terdapat hubungan antara kontrol diri pada prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja. Arah hubungan kedua variabel ini adalah negatif yang artinya apabila tingkat kontrol diri tinggi pada mahasiswa yang berkuliah maka prokrastinasi akademik mahasiswa akan rendah. Hubungan kedua variabel ini terjadi karena dalam kehidupan mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja perlu memiliki kendali diri yang baik untuk menghindari prokrastinasi akademik atau godaan jangka pendek yang tidak membawa dampak positif bagi mahasiswa. Saran bagi mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja adalah dengan memiliki kendali diri yang baik agar terhindari dari godaan jangka pendek untuk tidak mengerjakan tugas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hapsari, Elisabet Widyaning
NIDN0704118303
elisabet_hapsari@ukwm.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kontrol diri, prokrastinasi akademik, mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja, tugas dan tanggung jawab.
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Yosafat Yoan B
Date Deposited: 22 Jul 2024 05:26
Last Modified: 22 Jul 2024 05:26
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40223

Actions (login required)

View Item View Item