Studi netnografi analisis uncertainty reduction cyber identity pada pasangan dalam komunitas cosplayer Harry Potter di X

Arishanty, Julvinie Charmellya (2024) Studi netnografi analisis uncertainty reduction cyber identity pada pasangan dalam komunitas cosplayer Harry Potter di X. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (952kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji proses uncertainty reduction cyber identity dalam hubungan cyber dating di komunitas Cosplayer Harry Potter di X. Fenomena cyber dating telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari interaksi sosial dalam era digital terutama di dalam komunitas. Ketidakpastian cyber identity yang terjadi pada pasangan cyber dating juga membawa berbagai macam ketidakpastian dan risiko, yang seringkali terkait dengan keamanan dan kenyamanan individu terutama di ruang siber atau cyberspace. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian interpretatif dengan metode netnografi dimana peneliti turut bergabung menjadi anggota komunitas Cosplayer Harry Potter di X. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data postingan yang diunggah oleh anggota komunitas terlibat dalam cyber dating yang menunjukkan proses uncertainty reduction sesuai dengan delapan aksioma URT, in-depth interview serta catatan lapangan juga dilakukan oleh peneliti. Analisis hasil temuan data dilakukan menggunakan software CADQAS yaitu Nvivo 12 yang hasilnya dimaknai dan dikaitkan pada rumusan masalah. Peneliti menemukan bahwa pasangan cyber dating dalam komunitas Cosplayer Harry Potter di X ini menggunakan berbagai strategi untuk mengurangi ketidakpastian cyber identity mereka. Strategi tersebut meliputi strategi aktif, pasif, dan interaktif. Proses konstruksi identitas dalam cyber dating dimulai dengan kesamaan minat terhadap Harry Potter sebagai landasan awal berinteraksi. Selain itu, proses uncertainty reduction membangun kepercayaan dan memastikan keterbukaan dalam hubungan. Identitas yang dibangun pada cyberspace sering kali berbeda dari identitas asli, memungkinkan individu untuk berinteraksi tanpa terpengaruh oleh identitas asli mereka, menciptakan ruang aman untuk eksplorasi identitas dan orientasi seksual tanpa tekanan sosial di dunia nyata. Hasil penelitian juga menemukan bahwa gender bukanlah penghalang dalam menjalin hubungan cyber dating karena komunitas virtual sering kali bersifat anonim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Krisdinanto, Nanang
NIDN0726126602
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Purnama, Finsensius Yuli
NIDN071907840
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Teori reduksi ketidakpastian, netnografi, identitas siber, kencan siber, aksioma teori pengurangan ketidakpastian.
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Julvinie Charmellya Arishan
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:13
Last Modified: 11 Jul 2024 07:13
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40119

Actions (login required)

View Item View Item