Evaluasi data ekokardiografi dan penggunaan kombinasi bisoprolol pada pasien geriatri dengan gagal jantung di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Pontianak

Stacia, Viola (2024) Evaluasi data ekokardiografi dan penggunaan kombinasi bisoprolol pada pasien geriatri dengan gagal jantung di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Pontianak. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy

Abstract

Gagal Jantung merupakan sindrom klinis yang kompleks dan merupakan tanda yang diakibatkan dari gangguan struktural atau fungsional dari pengisian atau pengeluaran darah ventrikel. Uji klinis telah menunjukkan bahwa setidaknya tiga antagonis β (metoprolol, bisoprolol, dan carvedilol) terbukti efektif dalam mengurangi angka kematian pada pasien tertentu dengan gagal jantung kronis. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari kombinasi bisoprolol dan data ekokardiografi pada pasien geriatri dengan penyakit gagal jantung. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif observasional, pengambil data dilakukan secara retrospektif yaitu dengan mengambil data sekunder melalui rekam medis pasien geriatri yang terdiagnosa gagal jantung dan mendapat terapi kombinasi bisoprolol. Hasil penelitian menunjukan jenis terapi yang digunakan pasien geriatri dengan gagal jantung yaitu sebanyak 100% terapi kombinasi dengan jenis kombinasi terbanyak yaitu Bisoprolol, Candesartan, dan Furosemide dengan persentase sebesar 87%. Penggunaan Bisoprolol pada penelitian ini diketahui meningkatkan nilai LVEF dan juga TAPSE, namun hasil yang didapatkan menunjukan peningkatan nilai yang sangat kecil sehingga disimpulkan bahwa pengaruh bisoprolol pada EF dan TAPSE memerlukan penelitian lebih lanjut. Kerasionalan penggunaan kombinasi Bisoprolol pada pasien geriatri dengan diagnosa gagal jantung di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Pontianak periode Januari-Desember 2023 dapat disimpulkan sesuai indikasi, obat, dan pasien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Setiadi, Diga Albrian
NIDN0710069005
diga@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kombinasi bisoprolol, geriatri, ekokardiografi, gagal jantung, EF, TAPSE.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Viola Stacia
Date Deposited: 11 Jul 2024 08:50
Last Modified: 11 Jul 2024 08:50
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40115

Actions (login required)

View Item View Item