Konsep etika tanggung jawab terhadap 'Yang-Lain' menurut Emmanuel Levinas dan aplikasinya pada relasi intersubjektif dalam media sosial

Kurniawan, Axel Christian (2024) Konsep etika tanggung jawab terhadap 'Yang-Lain' menurut Emmanuel Levinas dan aplikasinya pada relasi intersubjektif dalam media sosial. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
NEW Abstrak AXEL_1-1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
Bab I.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
NEW Bab V AXEL-Daftar Pustaka.pdf

Download (516kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
NEW LAMPIRAN-208-221.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy

Abstract

Karya ilmiah ini menjelaskan gagasan Emmanuel Levinas tentang Etika Tanggung Jawab yang diaplikasikan pada relasi intersubjektif di media sosial. Di dalam karya ilmiah ini, penjelasan tentang Etika Tanggung Jawab dan aplikasinya pada relasi intersubjektif dimulai dengan penjelasan tentang latar belakang pemikiran dan hidup Emmanuel Levinas. Pada bagian tersebut, penulis menjelaskan sejarah hidup Emmanuel Levinas serta pemikiran tokoh lain yang mempengaruhi pemikiran Emmanuel Levinas. Pada bagian selanjutnya, penulis menjelaskan tentang gagasan etika secara umum untuk mengetahui tendensi dari gagasan etika menurut Emmanuel Levinas. Tendensi etika dari sudut pandang Emmanuel Levinas adalah pada bagaimana sebuah momen yang-etis terjadi. Di dalam Emmanuel Levinas, suatu momen yang-etis terjadi ketika Sang Aku dan Yang-Lain berjumpa tanpa adanya batasan, sistem formal, atau usaha untuk mengalahkan satu sama lain. Momen yang-etis terjadi ketika Sang Aku menanggapi Yang-Lain dengan penuh keterbukaan dan sikap tanggung jawab. Gagasan tersebut penulis gunakan untuk merefleksikan relasi intersubjektif di media sosial. Gagasan ini digunakan oleh penulis untuk mencari alternatif bentuk relasi yang dapat dilakukan di dalam media sosial. Penjelasan tersebut tersusun atas sebuah rumusan masalah, yaitu: 1. Apa itu konsep Etika Tanggung Jawab menurut Emmanuel Levinas? 2. Mengapa Tanggung Jawab terhadap Yang-Lain menjadi Etika menurut Emmanuel Levinas? 3. Bagaimana Aplikasi Etika Tanggung Jawab pada Media Sosial? Tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah untuk memenuhi sebagian syarat kelulusan Strata 1 (S-1) Fakultas Filsafat Universitas Katolik Widya Mandala, dan untuk mencari relevansi pemikiran Emmanuel Levinas tentang Etika Tanggung Jawab terhadap konteks relasi intersubjektif di media sosial. Jenis penelitian yang dipilih oleh penulis adalah historis faktual tentang seorang tokoh bernama Emmanuel Levinas. Metode penelitian yang dipilih oleh penulis adalah metode deskriptif yang berusaha menjelaskan konsep Etika Tanggung Jawab menurut karya Emmanuel Levinas yang berjudul Totality and Infinity (1961).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Filsafat
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Prasetyono, Emanuel
NIDN0705127202
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Emmanuel Levinas. fenomenologi. perjumpaan. "Yang-Etis". "Sang-Aku". "Yang-Lain". media sosial. relasi intersubjektif.
Subjects: Philosophy
Divisions: Faculty of Philosophy > Philosophy Science Study Program
Depositing User: Axel Christian Kurniawan
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:19
Last Modified: 11 Jul 2024 06:19
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40094

Actions (login required)

View Item View Item