Pengaruh hesqual model terhadap loyalitas mahasiswa melalui variabel kepuasan mahasiswa pada jurusan desain sekolah tinggi vokasi di Surabaya

Poetronegoro, Sri Lukito Sari (2024) Pengaruh hesqual model terhadap loyalitas mahasiswa melalui variabel kepuasan mahasiswa pada jurusan desain sekolah tinggi vokasi di Surabaya. Masters thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK rev sri 1.pdf

Download (932kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
SRI BAB 1 REV.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
SRI BAB 2 REV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
SRI BAB 3 REV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
SRI BAB 4 REV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
SRI BAB 5 REV.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
SRI LAMPIRAN REV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan ketat diantara maraknya lembaga pendidikan yang bermunculan menuntut lembaga pendidikan untuk bisa memberikan layanan kualitas yang terbaik bagi mahasiswa. Meningkatnya peminat mahasiswa untuk mengambil jurusan desain membuat para pelaku pendidikan belomba-lomba untuk menyediakan jurusan desain sehingga persaingan semakin ketat. Menurunnya jumlah mahasiswa yang mendaftar di sekolah tinggi desain vokasi di Surabaya merupakan sebuah fenomena yang bertolak belakang dengan fenomena yang terjadi di Indonesia. Lembaga pendidikan dipaksa untuk mengevaluasi kembali layanan kualitas yang diberikan kepada mahasiswa untuk dapat mengetahui faktor kekuatan dan kelemahan yang dapat dievaluasi oleh lembaga pendidikan sehingga bisa mengupayakan strategi kualias layanan yang terbaik untuk dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh HESQUAL model terhadap kepuasan mahasiswa melalui loyalitas. Objek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan desain sekolah tinggi vokasi di Surabaya. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diisi oleh responden pada mahasiswa yang duduk di semester 2-8. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa HESQUAL model berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa secara langsung dan juga berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap loyalitas melalui kepuasan mahasiswa; kualitas administrasi, kualitas transformasi, kualitas lingkungan fisik dan kualitas fasilitas pendukung berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa, sedangkan kualitas pendidikan inti berpengaruh negatif terhadap kepuasan mahasiswa. Sehingga saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan loyalitas mahasiswa, maka harus meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada mahasiswa sehingga bisa meningkatkan kepuasan serta loyalitas mahasiswa. Lembaga pendidikan harus memperhatikan penyampaian dan standar kurikulum yang diterapkan untuk bisa memastikan bahwa mahasiswa merasa nyama dengan tinggi nya tingkat pendidikan yang mereka terima.

Item Type: Thesis (Masters)
Department: S2 - Manajemen
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Susanti, Christina Esti
NIDN0722076501
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HESQUAL, satisfaction, loyalty, higher education, service marketing
Subjects: Business > Management
Divisions: Graduate School > Master Program in Management
Depositing User: Sri Lukito Sari Poetronegoro
Date Deposited: 12 Jul 2024 08:22
Last Modified: 12 Jul 2024 08:22
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40023

Actions (login required)

View Item View Item