Analisis isi strukur dan daya tarik pesan kampanye kecantikan #ImperfectBeauty dalam akun instagram Elsheskin

Rarasati, Nurul Afni (2024) Analisis isi strukur dan daya tarik pesan kampanye kecantikan #ImperfectBeauty dalam akun instagram Elsheskin. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (665kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (494kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini melihat bagaimana isi struktur dan daya tarik pesan kampanye kecantikan #ImPerfectBeauty yang dilakukan oleh Elsheskin pada akun Instagramnya. Penelitian ini dilakukan karena Elsheskin merupakan satu-satunya perusahaan produk skincare yang melakukan kampanye public relation mengenai kecantikan di media sosial yang menggandeng perempuan down syndrome sebagai model kampanye. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teori struktur isi pesan dan daya tarik pesan. Subjek dalam penelitian ini adalah segala bentuk isi pesan baik berupa foto, video, dan juga caption yang terdapat pada unggahan kampanye kecantikan #ImPerfectBeauty dan objek penelitiannya yaitu isi struktur dan daya tarik pesan kampanye kecantikan yang dilakukan melalui media sosial Instagram Elsheskin, dengan jumlah populasi 112 unggahan. Pada hasil penelitian ini, secara garis besar Elsheskin lebih dominan menggunakan indikator messages sidedness two-sided messages, dengan cara penyajian pesan yang didominasi oleh climax, teknik penyusunan pesan lebih dominan menggunakan recency, dan penarikan kesimpulan eksplisit. Sedangkan pada daya tarik pesan, Elsheskin lebih dominan menggunakan rational appeals dalam isi pesan kampanye kecantikan #ImPerfectBeauty.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Akhsaniyah, Akhsaniyah
NIDN0702087602
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Yuliastuti, Maria
NIDN0707078607
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis isi, kampanye public relations, instagram, Elsheskin
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Nurul Afni Rarasati
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:58
Last Modified: 08 Jul 2024 04:58
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40001

Actions (login required)

View Item View Item