Konsep kurikulum pendidikan John Dewey dalam buku the child and the curriculum dan relevansinya dalam kurikulum merdeka

Tandywjaya, Joseph (2024) Konsep kurikulum pendidikan John Dewey dalam buku the child and the curriculum dan relevansinya dalam kurikulum merdeka. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
1. Halaman Awal - Abstraksi.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
3. Revisi Bab I setelah Ujian 1.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
5. Revisi Bab II setelah Ujian 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
7. Revisi Bab III setelah Ujian 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
NEW Bab IV JOSEPH FILSAFAT_removed.pdf

Download (262kB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan itu sendiri tidak pernah terlepas dari kurikulum yang menjadi tujuan dan arah bagaimana pendidikan dijalankan. John Dewey, salah satu filsuf pendidikan, menawarkan suatu proses pendidikan yang berfokus pada siswa. Ia mengatakan bahwa kurikulum harus didasarkan pada peserta didik sehingga dapat lebih efektif. Penulis tertarik untuk melihat lebih jauh mengenai konsep kurikulum pendidikan yang ditawarkan oleh John Dewey dan relevansinya terhadap pendidikan di Indonesia, terutama dalam Kurikulum Merdeka. Skripsi ini akan berfokus pada “apa konsep kurikulum pendidikan John Dewey, khususnya dalam buku The Child and the Curriculum?” dan “Apa relevansi dari konsep pendidikan John Dewey jika dikaitkan dengan pendidikan Indonesia yang menggunakan Kurikulum Merdeka?”. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk menyelesaikan Program Strata Satu di Fakultas Filsafat UKWMS. Kedua, penulis hendak memberikan penjelasan yang baik tentang konsep kurikulum pendidikan John Dewey, terutama pada bukunya yang berjudul The Child and the Curriculum, dan relevansinya dalam Kurikulum Merdeka. Skripsi yang berjudul “Konsep Kurikulum Pendidikan John Dewey dalam Buku The Child and the Curriculum dan Relevansinya dalam Kurikulum Merdeka” menggunakan pendekatan penelitian kualitatif: studi pustaka melalui buku primer, “The Child and the Curriculum”. Penulis juga menggunakan metode interpretasi teks untuk dapat menemukan arti dan maksud dari teks-teks dalam buku bertema pendidikan karya John Dewey, dan kemudian akan mendiskripsikan konsep pemikiran John Dewey. Melalui penilitian yang penulis lakukan, penulis menemukan bahwa pendidikan yang baik adalah pendidikan yang berangkat dari pengalaman yang dialami siswa pada lingkungan sehari-harinya. Pengalaman itu akan menjadi dasar yang mempengaruhi proses pertumbuhan siswa. Untuk memaksimalkan pertumbuhan tersebut, didirikanlah sekolah yang merupakan suatu lingkungan khusus, di mana siswa dapat mengolah dan menata pengalamannya. Di dalam sekolah, pengalaman tersebut kemudian ditambahkan dengan ilmu-ilmu yang dapat mendukung perkembangan dan pertumbuhan siswa. Untuk dapat mengatur dan mengarahkan pertumbuhan siswa, diperlukan kurikulum. Kurikulum yang efektif merupakan kurikulum yang didasarkan pada pengalaman yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa dan membuat koneksi dengan apa yang mereka pelajari di kelas. Poin yang paling penting adalah bagaimana suatu kurikulum dapat membantu siswa untuk dapat bertumbuh sesuai dengan kebutuhannya dan tuntutan lingkungannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Filsafat
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hendrawan, Datu
NIDN0728128603
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: John Dewey, pengalaman, pendidikan, sekolah, kurikulum.
Subjects: Philosophy
Divisions: Faculty of Philosophy > Philosophy Science Study Program
Depositing User: Joseph Tandywijaya
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:45
Last Modified: 02 Jul 2024 07:45
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/39896

Actions (login required)

View Item View Item