Pengembangan lembar kerja peserta didik model discovery learning berbantuan phet pada pokok bahasan usaha dan energi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya

Remba, Emlius Yosta (2024) Pengembangan lembar kerja peserta didik model discovery learning berbantuan phet pada pokok bahasan usaha dan energi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik model Discovery Learning bahasan Usaha dan Energi dengan bantuan PhET untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya. Selain LKPD, penulis juga menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Rencana Evaluasi (RE), semuanya telah dilakukan uji ahli dan diujicobakan kepada peserta didik kelas X SMA 17 Agustus 1945 Surabaya berjumlah 30 siswa. Perangkat Pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, implement, Evaluation). Hasil dari validasi ahli untuk perangkat pembelajaran RPP diperoleh skor 3,6 katagori baik, LKPD diperoleh skor 3,07 katagori baik, dan RE diperoleh skor 3,36 degan kategori baik. Berdasarkan hasil penilaian Keterlaksanaan RPP diperoleh skor rata-rata 3,65 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil ujicoba lapangan diperoleh N-Gain 0,78 dengan kategori peningkatan hasil belajar tinggi. Dan hasil rata-rata respon peserta didik adalah 3,58 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji lapangan, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan mendapatkan respon yang positif dari peserta didik. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Discovery Learning, Media PhET, Usaha dan Energi, Peningkatan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wahyu, Sugimin Winata
NIDN9907149135
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), discovery learning, media PhET, usaha dan energi, peningkatan hasil belajar.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Emilius Yosta Remba
Date Deposited: 16 Jul 2024 06:37
Last Modified: 16 Jul 2024 06:37
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/39884

Actions (login required)

View Item View Item