Pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan 5e learning cycle untuk meningkatkan hasil belajar pada materi energi di SMP Kristen Dharma Mulya Surabaya

Prayogo, Ferry Adi (2024) Pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan 5e learning cycle untuk meningkatkan hasil belajar pada materi energi di SMP Kristen Dharma Mulya Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ferryabstrac_removed.pdf

Download (758kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
ferryBAB Vrev.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Peserta didik yang lebih aktif dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, pembelajaran harus didesain supaya berpusat pada siswa. salah satu pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah pembelajaran dengan mengikuti 5E Learning Cycle. 5E Learning Cycle terdiri dari engagement, exploration, explanation, elaboration, dan evaluation. Pada penelitian ini, perangkat pembelajaran IPA Fisika SMP dengan materi energi dikembangkan berdasarkan 5E Learning Cycle. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Perangkat yang sudah didesain telah melalui proses validasi dan uji lapangan terbatas. Adapun perangkat yang berhasil dikembangkan meliputi: rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku ajar (BA), lembar kegiatan peserta didik (LKPD), dan rencana evaluasi (RE). Berdasarkan validasi ahli, kualitas RPP, BA, dan LKPD adalah sangat baik dengan skor masing-masing adalah 3,71, 3,51, dan 3,60 (dari skor maksimal 4,00). Sedangkan rencana evaluasi dinilai baik dengan skor 3,00 (dari skor maksimal 4,00). Uji coba perangkat pembelajaran yang dikembangkan dilakukan di kelas VII SMP Kr Dharma Mulya dengan menggunakan desain penelitian one-group pre-test post-test design. Setelah implementasi perangkat yang dikembangkan, hasil belajar peserta didik meningkat dengan nilai N-gain 0,63. Peningkatan ini dapat dikategorikan sebagai peningkatan sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat yang dikembangkan berpotensi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Noviani, Elisabeth Pratidhina
NIDN0701119201
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, 5E Learning Cycle, energi, fisika, SMP
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Ferry Adi Prayogo
Date Deposited: 04 Jul 2024 06:02
Last Modified: 04 Jul 2024 06:02
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/39267

Actions (login required)

View Item View Item