Prayogo, Ferry Adi (2024) Pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan 5e learning cycle untuk meningkatkan hasil belajar pada materi energi di SMP Kristen Dharma Mulya Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
ferryabstrac_removed.pdf Download (758kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (110kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
Text (BAB 5)
ferryBAB Vrev.pdf Download (135kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Peserta didik yang lebih aktif dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, pembelajaran harus didesain supaya berpusat pada siswa. salah satu pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah pembelajaran dengan mengikuti 5E Learning Cycle. 5E Learning Cycle terdiri dari engagement, exploration, explanation, elaboration, dan evaluation. Pada penelitian ini, perangkat pembelajaran IPA Fisika SMP dengan materi energi dikembangkan berdasarkan 5E Learning Cycle. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Perangkat yang sudah didesain telah melalui proses validasi dan uji lapangan terbatas. Adapun perangkat yang berhasil dikembangkan meliputi: rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku ajar (BA), lembar kegiatan peserta didik (LKPD), dan rencana evaluasi (RE). Berdasarkan validasi ahli, kualitas RPP, BA, dan LKPD adalah sangat baik dengan skor masing-masing adalah 3,71, 3,51, dan 3,60 (dari skor maksimal 4,00). Sedangkan rencana evaluasi dinilai baik dengan skor 3,00 (dari skor maksimal 4,00). Uji coba perangkat pembelajaran yang dikembangkan dilakukan di kelas VII SMP Kr Dharma Mulya dengan menggunakan desain penelitian one-group pre-test post-test design. Setelah implementasi perangkat yang dikembangkan, hasil belajar peserta didik meningkat dengan nilai N-gain 0,63. Peningkatan ini dapat dikategorikan sebagai peningkatan sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat yang dikembangkan berpotensi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Pendidikan Fisika |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Noviani, Elisabeth Pratidhina NIDN0701119201 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Perangkat pembelajaran, 5E Learning Cycle, energi, fisika, SMP |
Subjects: | Physic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program |
Depositing User: | Ferry Adi Prayogo |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 06:02 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 06:02 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/39267 |
Actions (login required)
View Item |