Analisis faktor yang berpengaruh terhadap penggunaan antibiotik pada Pasien COVID-19 di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Gotong Royong Surabaya

Nio, Gregorius Ezhra Virgiawan Musa (2023) Analisis faktor yang berpengaruh terhadap penggunaan antibiotik pada Pasien COVID-19 di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Gotong Royong Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (683kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

COVID-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus Severe Acute Respiratory Coronavorus-2 (SARS CoV-2). 70% pasien COVID-19 rawat inap di rumah sakit mendapatkan terapi antibiotik. Penggunaan antibiotik secara bijak adalah penggunaan antibiotik secara rasional dengan mempertimbangkan dampak munculnya bakteri resisten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil peresepan antibiotik berdasarkan klasifikasi AWaRe, mengetahui faktor resiko yang berpengaruh terhadap peresepan antibiotik, dan mengidentifikasi faktor resiko yang berkaitan dengan penggunaan antibiotik lebih dari 1 jenis pada pasien COVID-19 di instalasi rawat inap Rumah Sakit Gotong Royong Surabaya periode Januari – Desember 2021. Penelitian ini merupakan penelitian observasional retrospektif dengan jumlah sampel 85 yang diambil secara total sampling. Pada hasil penelitian diketahui terdapat 7 antibiotik kategori watch yaitu levofloksasin, sefiksim, seftriakson, seftazidim, moksifloksasin, siprofloksasin, azitromisin. Terdapat 1 antibiotik kategori reserve yaitu meropenem tanpa disertai hasil kultur penunjang. Terdapat dua variabel yang signifikan yaitu derajat keparahan (p= 0,016) dan CRP (p= 0,011) yang memiliki nilai p value < 0,05 sehingga kedua faktor karakteristik responden ini memengaruhi peresepan antibiotik. Nilai p value dari masing�masing variabel yaitu NLR (p= 0,001) dan LOS (p= 0,000) yang diteliti <0,05 atau signifikan secara statistik sehingga variabel ini mempengaruhi peresepan lebih dari 1 antibiotik. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat 7 antibiotik kategori watch dan 1 antibiotik kategori reserve, faktor yang mempengaruhi peresepan antibiotik adalah derajat keparahan dan CRP, serta faktor yang berpengaruh terhadap peresepan lebih dari 1 antibiotik adalah NLR dan durasi rawat inap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Parwitha, Ida Ayu Andri
NIDN0729079004
idaayu@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Lestyaningtyas, Nika
0
0
Uncontrolled Keywords: Antibiotik, COVID-19, klasifikasi AWaRe, faktor yang berpengaruh
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Gregorius Ezhra Virgiawan Musa Nio
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:54
Last Modified: 06 Feb 2024 02:54
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/38968

Actions (login required)

View Item View Item