Peningkatan keaktifan dan prestasi belajar keterampilan menulis teks prosedur dengan model kooperatif teams games tournament pada siswa kelas XI SMK St Bonaventura 1 Madiun

Nurcahyani, Fina (2024) Peningkatan keaktifan dan prestasi belajar keterampilan menulis teks prosedur dengan model kooperatif teams games tournament pada siswa kelas XI SMK St Bonaventura 1 Madiun. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bedasarkan keingintahuan peneliti terhadap pengaruh model pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, rendahnya minat belajar teks prosedur, kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran teks prosedur. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan keaktifan siswa dalam menulis teks prosedur setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (2) mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa dalam menulis teks prosedur setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament. Desain penalitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan data berupa (1) observasi (2) hasil wawancara dan (3) hasil tes. Teknik pengumpulan dilakukan dengan menggunakan (1) teknik observasi (2) teknik wawancara, dan (3) teknik tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus Keaktifan Siswa Pks= ∑K x 100% dan Analisis Prestasi Belajar Siswa R=∑s N N mendapatkan hasil berupa peningkatan prestasi dan keaktifan siswa di setiap siklus pada siswa kelas XI SMK 1 ST Bonaventura Kota Madiun. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil, yaitu (1) pembelajaran melalui model TGT dapat meningkatkan keaktifan siswa XI SMK St Bonaventura 1 Madiun Kota Madiun. Pembelajaran ini menarik dan tidak monoton sehingga siswa dapat menerima materi teks prosedur dengan baik. Dalam hal ini dapat dilihat dari hasil observasi keaktifan siswa meningkat setiap siklusnya, yaitu pada prasiklus sebesar 40%, siklus I sebesar 53%, sedangkan siklus II sebesar 95% sehingga mencapai target ketuntasan, (2) dengan model TGT pembelajaran menjadi variatif sehingga mempermudah siswa menerima materi yang diberikan serta dapat membantu siswa menerima konsep-konsep materi dengan baik dan mampu menjawab pertanyaan yang diberikan sehingga dapat meningkatkan prestasi pada pembelajaran materi teks prosedur pada siswa. dalam hal ini dapat dilihat dalam hasil belajar pada setiap siklus yaitu prasiklu diperoleh nilai rata-rata sebesar 65,5 siklus I sebesar sebesar 73, sedangkan siklus II sebesar 85,5. persentase ketuntasan belajar siswa prasiklus sebanyak 20%, siklus I 40%, dan siklus II 100% sehingga telah mencapai terget ketuntasan. bedasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut (1) model pembelajaran TGT dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru untuk meningkatkan pemahaman konsep bagi siswa. (2) dalam pembelajaran siswa didorong agar lebih aktif dalam bekerja sama dan komunikasi, (3) dalam menyampaikan materi perlu memanfaatkan media pembelajaran seperti disediakan video, atau foto dalam PPT agar memudahkan siswa dalam memahami materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Adhani, Agnes
NIDN0719016401
agnes.adhani@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Wijayanti, Wenny
NIDN0705118801
wenny.wijayanti@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif, teams games tournament, teks prosedur, keaktifan siswa, hasil belajar
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education
Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language Study Program
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > PSDKU - Education of Indonesian Language and Literature Study Program
Depositing User: Users 13824 not found.
Date Deposited: 26 Mar 2024 08:10
Last Modified: 26 Mar 2024 08:10
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/38869

Actions (login required)

View Item View Item