Studi netnografi communication privacy management secret admirer pada komunitas online genshin impact di X Base @Genconbase.

Priyantono, Aurelia Octaviani (2024) Studi netnografi communication privacy management secret admirer pada komunitas online genshin impact di X Base @Genconbase. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (845kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Komunitas virtual terbentuk karena ada orang-orang dengan minat yang sama yang sering berinteraksi satu sama lain. Salah satu komunitas online Genshin Impact di X adalah base @genconbase, base ini berfokus pada confession yang banyak dipakai oleh para anggota komunitas (genshintwt) untuk mengungkapkan rasa sukanya akan sesama anggota secara anonimus atau menjadi secret admirer. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana communication privacy management secret admirer pada komunitas Genshintwt di X base @genconbase. Teori Communication Privacy Management (CPM) membahas tentang bagaimana individu mengelola privasi komunikasi mereka. Konsep ini menggambarkan batasan virtual yang dipertahankan individu antara informasi yang dianggap pribadi dan publik di dunia maya/ virtual. Netnografi juga didefinisikan sebagai metodologi kualitatif yang mempelajari “way of life” dari sebuah komunitas di virtual. Persona yang dibangun ini memberi mereka kepribadian yang bisa sangat berbeda dari kepribadian mereka sehari-hari atau tidak konsisten dengan sifat asli batasan individu yang mereka ingin tunjukkan. Persoalan kerahasiaan identitas pengirim kepada penerima, tidak akan diberitahukan siapa yang mengirimkan pesan/ menfess karena tujuan anonimitas dari base itu tersendiri juga adalah menjaga kerahasiaan data seorang pengirim. Genconbase melindungi privasi atau identitas dengan menjadi gatekeeper atau mencegah terjadinya boundary turbulence (gangguan batasan) dalam perannya menjadi pihak ketiga dan membantu seorang user atau pengirim untuk menjaga kepemilikan atas batasan privasinya. Terkait dengan tujuan seorang secret admirer dengan batasan-batasannya, bermaksud untuk menumbuhkan safe place bagi seorang secret admirer dengan bantuan anonimitas base komunitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Krisdinanto, Nanang
NIDN0726126602
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Fista, Brigitta Revia Sandy
NIDN0715108903
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komunitas virtual, communication privacy management, netnografi
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Aurelia Octaviani Priyantono
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:11
Last Modified: 04 Jul 2024 03:11
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/38697

Actions (login required)

View Item View Item