Preferensi siswa SMA di Madura dalam mengakses informasi terkait beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah melalui media sosial

Irawan, Riviera Michelle (2024) Preferensi siswa SMA di Madura dalam mengakses informasi terkait beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah melalui media sosial. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (677kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dalam judul ini berfokus kepada preferensi siswa SMA di Jawa Timur dalam mengakses informasi terkait beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) melalui media sosial. Pengguna media berusaha mencari sumber media yang paling baik pada saat memenuhi kebutuhannya artinya teori uses and gratification mengasumsikan bahwa pengguna media mempunyai pilihan alternatif untuk memuaskan kebutuhannya. Fenomena ini diangkat karena rendahnya sosialisasi terkait beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah dan alokasi kuota Kartu Indonesia Pintar Kuliah yang menurun sampai 50% secara nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana preferensi siswa SMA di Jawa Timur dalam mengakses informasi terkait beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah melalui media sosial. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode survei, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Preferensi dalam media merupakan suatu keadaan dimana ingin mencari tahu bagaimana setiap individu dalam memilih media yang akan digunakan untuk memenuhi informasi yang dibutuhkan masing-masing dan uses and gratification mengasumsikan bahwa pengguna media mempunyai pilihan alternatif untuk memuaskan kebutuhannya. Berdasarkan hasil penelitian bahwa media sosial Instagram dan pencarian popular yang paling dibutuhkan adalah informasi syarat pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hartiana, Theresia Intan Putri
NIDN0725058704
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Sonya, Akhsaniyah
NIDN0702087602
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Preferensi, uses and gratification, Kartu Indonesia Pintar Kuliah
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Riviera Michelle Irawan
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:43
Last Modified: 19 Jan 2024 08:43
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/38359

Actions (login required)

View Item View Item