Pola komunikasi virtual layanan psikolog riliv dalam penanaman konsep diri penggunanya (Studi Kasus Layanan Konseling Online Riliv)

Wijaya, Grace Amelia (2024) Pola komunikasi virtual layanan psikolog riliv dalam penanaman konsep diri penggunanya (Studi Kasus Layanan Konseling Online Riliv). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (878kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy

Abstract

Stigma negatif pada aktivitas komunikasi konseling menjadi sebuah fenomena yang melatarbelakangi tingginya kasus kesehatan mental di Indonesia. Pembentukan stigma negatif pada aktivitas konseling menciptakan rasa takut untuk melakukan aktivitas komunikasi konseling dengan psikolog. Rasa takut ini menimbulkan rasa diri rendah dan tidak memiliki motivasi hidup. Dengan adanya perkembangan teknologi, komunikasi konseling mengalami perkembangan dan dapat dilakukan secara online. Adanya perkembangan ini dimanfaatkan oleh Riliv untuk menyediakan media komunikasi konseling secara online melalui media pesan teks. Penelitian ini membahas mengenai pola komunikasi virtual pada layanan konseling online Riliv. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian ini adalah studi kasus dengan teori SIP (Social Information Processing). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam. Melalui penelitian ini, peneliti menemukan pola komunikasi dua arah yang terjadi di aktivitas komunikasi konseling online melalui aplikasi Riliv. Aktivitas komunikasi dua arah yang terjadi di aplikasi Riliv dipengaruhi oleh SIP (Social Information Processing) yang mengakibatkan adanya durasi waktu dalam penerimaan, pemahaman, dan timbal balik pesan yang dipengaruhi oleh kendala jaringan internet dan kesibukan masing-masing individu. Implikasi dari SIP (Social Information Processing) pada pola komunikasi dua arah melalui aplikasi Riliv mengakibatkan terhambatnya pengiriman dan penerimaan feedback yang dilakukan antara psikolog dan pengguna layanan konseling.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Krisdinanto, Nanang
NIDN0726126602
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Fista, Brigitta Revia Sandy
NIDN0715108903
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola komunikasi, komunikasi konseling virtual, studi kasus, SIP (Social Information Processing)
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Grace Amelia Wijaya
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:00
Last Modified: 22 Jan 2024 07:00
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/38288

Actions (login required)

View Item View Item