Laporan kerja praktek di PT Corin Mulia Gemilang

Pangemanan, Reynald Loe and Wicaksono, Marselinus Adi (2023) Laporan kerja praktek di PT Corin Mulia Gemilang. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK KP REYNALD.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I KP REYNALD.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II KP REYNALD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III KP REYNALD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV KP REYNALD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy

Abstract

PT Corin Mulia Gemilang merupakan sebuah perusahaan building material, dengan memproduksi bata ringan, semen mortir, dan panel. Perusahaan tersebut lebih mengutamakan untuk memproduksi batu bata ringan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Untuk memenuhi kebutuhan pesanan tersebut dibutuhkan waktu penyelesaian yang sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Perusahaan telah memberikan target produksi bata ringan sesuai dengan hitungan yang telah tersedia. Tetapi hasil nyata dari proses yang telah dilaksanakan selalu tidak sesuai dengan target dari perusahaan. Salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mereduksi waktu yang dibutuhkan saat melakukan waktu set up mesin agar dapat meningkatkan efektivitas penggunaan mesin dengan menggunakan metode Single Minute Exchange of Die (SMED). Penerapan metode SMED diterapkan pada aktivitas yang dilakukan pada semua operator dan mesin produksi untuk memproduksi bata ringan secara tidak langsung dengan memindahkan beberapa aktivitas internal menjadi eksternal. Setelah konversi aktivitas internal set up menjadi eksternal set up kegiatan set up dalam proses produksi bata ringan dilakukan oleh operator dan asisten yang berfokus pada masing-masing jobdesc sehingga tidak saling menunggu satu sama lain seperti ketika terdapat dua operator dalam satu mesin. Hal tersebut dapat menghemat waktu set up pada proses cutting sebesar 51% sedangkan pada proses autoclave sebesar 62%, maka menghemat waktu total pada semua stasiun yaitu 0,53%

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Industri
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sianto, Martinus Edy
NIDN0710047201
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode single minute exchange of die (SMED), waktu set up, aktivitas eksternal, aktivitas internal.
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Reynald Loe Pangemanan
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:09
Last Modified: 23 Jan 2024 08:09
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/38254

Actions (login required)

View Item View Item