Analisis isi marketing communication mix brand Somethinc pada akun Tiktok @somethincofficial

Frandika, Tan Devi (2024) Analisis isi marketing communication mix brand Somethinc pada akun Tiktok @somethincofficial. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (841kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus untuk mengetahui bagaimana marketing communication mix yang digunakan oleh brand somethinc pada akun Tiktok @somethincofficial dengan menggunakan indikator 4P yakni product, price, place, dan promotion. Fenomena ini diangkat karena adanya perbandingan data peminat produk somethinc yang signifikan di google trends pada rentan waktu Januari hingga Februari 2023. Objek pada penelitian ini yaitu analisis isi marketing communication mix dan subjeknya yaitu media sosial Tiktok @somethincofficial. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi, pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Marketing communication mix yang diterapkan oleh somethinc yaitu dengan menggunakan indikator 4P dan lebih dominan menggunakan promotion – public relations dan promotion – direct marketing. Untuk indikator public relations, Somethinc kerapkali menunjukkan konten yang berisikan mengenai information product pada setiap unggahan pada bulan Januari hingga Februari 2023 dan untuk indikator direct marketing konten yang diberikan yaitu dengan menjalin hubungan lebih intens dengan pelanggannya melalui adanya video ataupun caption berupa ajakan untuk mencoba dan membeli produk somethinc dengan akses link, polling, ataupun komen yang diberikan. Merujuk pada indikator promotion, produk yang paling sering dipromosikan oleh somethinc yaitu produk serum dan juga facewash. Pada bulan Januari frekuensi unggahan serum lebih dominan dikarenakan somethinc sedang merilis produk barunya yaitu Serum Acne MVP dan pada bulan Februari somethinc lebih berfokus pada konten yang mempromosikan mengenai product bundling valentine nya yaitu facewash. Sehingga pada bulan tersebut konten pada akun Tiktok @somethincofficial didominasi oleh produk serum dan juga facewash. Hal ini terlihat dari setiap unggahan maupun caption yang digunakan dalam akun Tiktok @somethincofficial yaitu berupa ajakan untuk membeli produk somethinc dan berisikan mengenai information product somethinc itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Yuliastuti, Maria
NIDN0707078607
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Hartiana, Theresia Intan Putri
NIDN0725055870
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Marketing communication mix, analisis isi, somethinc
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Tan Devi Frandika
Date Deposited: 19 Jan 2024 05:43
Last Modified: 19 Jan 2024 05:43
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/38178

Actions (login required)

View Item View Item