Laporan kerja praktek di PT Fuboru Indonesia

Sinaga, Lijon and Prassetia, Teguh Surya (2022) Laporan kerja praktek di PT Fuboru Indonesia. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (714kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Suatu proses produksi dalam pelaksanaannya tidak akan lepas dari permasalahan barang tentang produk cacat. hal ini merupakan suatu permasalahan yang menjadi faktor utama dalam proses produksi. Jika dalam proses produksi masih banyak ditemukan produk yang cacat, maka proses tersebut belum terkendali dengan baik. Beranjak dari permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian di PT Fuboru Indonesia yang memproduksi spare part kendaraan. Proses pengendalian dalam proses produksi untuk saat ini adalah inspection control yaitu pemeriksaan yang hanya memisahkan produk baik dan cacat tanpa ada perbaikan pada prosesnya. Dalam hal ini penulis mengajukan perbaikan untuk mengurangi kecacatan dengan metode statistical process control yaitu metode dengan proses pengendalian yang dapat mempengaruhi keputusan yang berhubungan dengan pembuatan produk yaitu fungsi produksi dan inspeksi. Dalam penelitian ini, tools yang digunakan adalah diagram pareto dan diagram fishbone. Diagram pareto digunakan untuk menentukan cacat apa yang paling dominan, dan diagram fishbone digunakan untuk menentukan faktor apa saja yang menyebabkan cacat pada karet jenis TO (tahan oli) terjadi. Dari hasil analisis melalui pengolahan dengan metode statistical process control, dapat diketahui bahwa proses pengendalian yang dipakai saat ini kurang efektif yaitu dengan terjadinya banyak cacat pada proses pengepressan karet jenis TO (tahan oli) di PT Fuboru Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Industri
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Santosa, Hadi
NIDN0727105901
hadi-s@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Cacat goresan, statistical process control, diagram pareto, diagram fishbone.
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Lijon Sinaga
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:01
Last Modified: 20 Jul 2023 09:01
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/36083

Actions (login required)

View Item View Item