Laporan studi literatur penerapan lean manufacturing pada industri otomotif dan tesktil

Nata, I Dewa Putu (2022) Laporan studi literatur penerapan lean manufacturing pada industri otomotif dan tesktil. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK I DEWA PUTU.pdf

Download (575kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (224kB)

Abstract

Penggunaan lean manufacturing dapat meningkatkan kualitas produk dan menghasilkan produk yang diinginkan konsumen dengan mengesampingkan bahwa proses produksi yang berlebihan dapat dipangkas sehingga mengurangi biaya produksi. Industri pada sekarang ini semakin banyak menerapkan lean manufacturing. Seiring perkembangan jaman, lean manufacturing ini banyak digunakan oleh berbagai industri, mulai dari industri kecil hingga industri yang besar. Penggunaan lean manufacturing dapat meningkatkan kualitas produk dan menghasilkan produk yang diinginkan konsumen dengan mengesampingkan bahwa proses produksi yang berlebihan dapat dipangkas sehingga mengurangi biaya produksi. Penggunaan lean manufacturing pada industri otomotif menjadi objek pada studi literatur ini yang dibandingkan dengan penerapan pada industri tekstil. Industri otomotif merupakan indutri yang berkembang sangat pesat di dunia dengan penjualan yang cukup tinggi. Penjualan otomotif tiap tahunnya berkembang pesat yang memiliki potensi besar dalam terjadinya pemborosan (waste) di lantai produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan penerapan Lean Manufacturing yang terjadi antara industri otomotif dan industri tekstil. Konsep Lean yang diterapkan pada sebuah industri dapat meningkatkan efisiensi dan juga produktivitas. Lean juga dapat menjadi acuan sebagai alat meningkatkan kepuasan konsumen dalam membeli barang jadi di industri tertentu.Penerapan lean manufacturing pada industri manufaktur dalam meningkatkan produktivitas, memaksimalkan waktu, mengorganisir aliran proses, meningkatkan kualitas produk. Penerapan lean manufacturing yang dilakukan pada industri manufaktur memiliki dampak positif dalam mengurangi waste. Pemborosan dapat diminimalisir secara maksimal setelah menerapkan lean manufacturing. Permasalahan yang terjadi pada setiap studi kasus berbeda dan output yang dihasilkan berbeda, sehingga dapat meningkatkan efisien.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Industri
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Mulyono, Julius
NIDN0727047204
juliusnyamulyono@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Lean manufacturing, waste, industri tekstil, industri otomotif.
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: I Dewa Putu Eka Adya Nata
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:33
Last Modified: 17 Jul 2023 08:33
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35925

Actions (login required)

View Item View Item