Analisis dan perancangan prosedur operasional standar sistem persediaan barang dagang pada perusahaan dagang mesin pendingin di Sidoarjo

Lesmana, Jose Andrian (2023) Analisis dan perancangan prosedur operasional standar sistem persediaan barang dagang pada perusahaan dagang mesin pendingin di Sidoarjo. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB) | Request a copy

Abstract

Sistem persediaan barang dagang merupakan sistem penting dalam perusahaan dagang. Tujuan sistem persediaan barang dagang adalah untuk menjaga produksi perusahaan terdiri dari proses bahan baku, persediaan barang dagang setengah jadi, dan persediaan barang dagang jadi dalam memenuhi kebutuhan dan permintaan. Objek penelitian ini adalah PT. Frozzie yaitu perusahaan dagang bergerak dibidang supply, maintenance dan distributor penjualan persediaan barang dagang kebutuhan pendingin ruangan seperti mesin, sparepart, oli, dan lain - lain. Ditemukan adanya permasalahan di PT. Frozzie yaitu bagian gudang tidak dapat mengetahui jumlah stok dengan pasti. Pelanggan menunggu lama karena persediaan barang dagang yang dimiliki telah habis. Kartu stok yang dimiliki tidak selalu diperbarui, pembaharuan hanya berdasarkan ingatan. Kurangnya pengendalian akses yang baik di gudang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan merancang atas prosedur operasional standar sistem persediaan barang dagang pada perusahaan dagang mesin pendingin di Sidoarjo. Ruang lingkup penelitian adalah menganalisis sistem persediaan barang dagang yang berawal dari penerimaan persediaan barang dagang kepada supplier, penyimpanan persediaan barang dagang ke gudang, pengeluaran persediaan barang dagang terjual ke pelanggan, serta mengevaluasi pengendalian internal. Sumber data penelitian ini adalah struktur organisasi, job description, prosedur penerimaan dan pengeluaran beserta dokumen sistem persediaan barang dagang dari PT. Frozzie. Hasil penelitian ini bahwa adanya perancangan POS menjadi pedoman dalam aktivitas sistem persediaan barang dagang serta menambahkan dokumen baru seperti dokumen laporan penerimaan persediaan barang dagang dan dokumen laporan pengeluaran persediaan barang dagang dapat membantu perusahaan mengelola dan memperoleh informasi akurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Widyaningdyah, Agnes Utari
NIDN0702047804
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sistem persediaan, aktivitas pengendalian, Prosedur Operasional Standar (POS)
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Jose Andrian Lesmana
Date Deposited: 31 Jul 2024 09:05
Last Modified: 31 Jul 2024 09:05
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35237

Actions (login required)

View Item View Item