Prestasi akademik pada remaja ditinjau dari regulasi emosi interpersonal dan depresi

Dani, Robik Anwar ORCID: https://orcid.org/0000-0001-7125-5287 (2020) Prestasi akademik pada remaja ditinjau dari regulasi emosi interpersonal dan depresi. Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen). Faculty of Psychology, Madiun.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara prestasi akademik dengan regulasi emosi interpersonal dan kecenderungan depresi pada remaja. Subjek dalam penelitian ini adalah 54 remaja awal yang bersekolah di SMP Kristen Terang Bangsa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Alat ukur dalam penelitian ini adalah skala regulasi emosi interpersonal yang diadaptasi dari Interpersonal Regulation Emotion Questionare milik Gross (2002), skala kecenderungan depresi yang diadaptasi dari Beck Depression Inventory milik Beck (1996), serta rata-rata nilai rapor untuk mata pelajaran matematika, bahasa inggris, dan IPA. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis korelasi ganda dengan bantuan program IBM SPSS 22. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara prestasi akademik dengan regulasi emosi interpersonal dan depresi dengan nilai koefisien korelasi sebesar Ry.x1x2=0.996 dengan Sig. F Change 0,000 < 0,05. Ada hubungan yang signifikan positif antara prestasi akademik dengan regulasi emosi interpersonal dengan nilai koefisien korelasi sebesar ry.x1=0,995 dengan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Ada hubungan yang signifikan negatif antara prestasi akademik dengan kecenderungan depresi dengannilai koefisien korelasi sebesar ry.x2=(-)0,996 dengan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05.Ada hubungan yang signifikan negatif antara regulasi emosi interpersonal dengan kecenderungan depresi dengan nilai koefisien korelasi sebesar rx1.x2=(-)0,997dengan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05.

Item Type: Monograph (Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen))
Department: S1 - Psikologi
Uncontrolled Keywords: prestasi akademik, regulasi emosi interpersonal, depresi, remaja
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Divisions: Faculty of Psychology > PSDKU - Psychology Study Program
Depositing User: Robik Anwar Dani
Date Deposited: 11 Apr 2023 09:49
Last Modified: 11 Apr 2023 09:49
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34607

Actions (login required)

View Item View Item