Hubungan stres akademik dengan kejadian tension-type headache pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya angkatan 2019 dan 2021

Oeylex, Kevan Ryvanto (2023) Hubungan stres akademik dengan kejadian tension-type headache pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya angkatan 2019 dan 2021. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (814kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)

Abstract

Latar Belakang: Nyeri kepala merupakan keluhan yang sangat umum dirasakan oleh pasien ketika datang ke dokter. Nyeri kepala sebagian besar tidak berbahaya dan dapat diobati dengan efektif oleh dokter umum. Tension-type headache /TTH merupakan episode nyeri kepala bilateral yang berlangsung dalam beberapa menit hingga berminggu-minggu dengan sifat yang mengikat dan menekan. Stres merupakan salah satu faktor penyebab terjadi TTH. Stres adalah respons seseorang terhadap perubahan dalam situasi yang tidak diinginkan dan biasa diikuti dengan perasaan tertekan dan ketegangan mental. Stres dalam lingkup akademik sering disebut sebagai stres akademik. Mahasiswa yang mengalami stres dapat menunjukkan perilaku gelisah, cemas, sedih, dan depresi. Selain itu, mahasiswa dapat menunjukkan gejala fisik mulai dari sakit kepala, jantung berdebar-debar, perubahan pola makan, sering buang air kecil, dan sulit menelan. Tujuan: Mengetahui hubungan stres akademik dengan kejadian tension-type headache pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya angkatan 2019 dan 2021. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analisis dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang dibutuhkan minimal 64 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Responden diberikan kuesioner PAS untuk mengukur tingkat stres akademik dan HSQ untuk melakukan skrining terhadap TTH. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan uji korelasi spearman. Hasil: Pada penelitian ini didapatkan hasil p=0,003 (p<0,05) yang menandakan terdapat hubungan yang signifikan antara stres akademik dengan kejadian tension- type headache pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya angkatan 2019 dan 2021. Simpulan: Terdapat hubungan antara stres akademik dengan kejadian tension-type headache pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya angkatan 2019 dan 2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Kedokteran
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Isbandiati, Endang
NIDN152100654
endangisbandiati@gmail.com
Thesis advisor
Oenarta, Dave Gerald
NIDN0723098907
d.g.oenarta@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Stres Akademik, Tension-type headache, Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Medical Study Program
Depositing User: Users 12358 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:51
Last Modified: 31 Jan 2023 07:54
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34016

Actions (login required)

View Item View Item