Pengaruh literasi keuangan, penggunaan sistem informasi akuntansi, dan budaya organisasi pada kinerja UMKM Surabaya di masa new normal

Maretha, Yasmine (2022) Pengaruh literasi keuangan, penggunaan sistem informasi akuntansi, dan budaya organisasi pada kinerja UMKM Surabaya di masa new normal. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (1).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pandemi COVID-19 mulai menyebar pada tahun 2020, sehingga banyak sektor bisnis yang gulung tikar khususnya di sektor UMKM, namun saat ini kondisi perekonomian sudah berangsur membaik yang disusul dengan era new normal. Dimana dalam kondisi ini sektor UMKM kembali bangkit untuk mengembangkan potensi kerjanya. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Literasi Keuangan, Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi, dan Budaya Organisasi pada Kinerja UMKM Surabaya di Masa New Normal. Objek penelitian yang digunakan adalah Pelaku UMKM di Kecamatan Sukolilo dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 62 responden. Penelitian ini didasari akibat ketidak konsistenan hasil peneliti sebelumnya, Selain itu peneliti juga tertarik dengan kegiatan MOU (Memorandum of Understanding) yang dilakukan oleh Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya yang merupakan program pelatihan bagi pelaku UMKM mengenai pembukuan sederhana, yang dimaksudkan untuk mendukung pengembangan UMKM agar dapat meningkatkan kinerja dari usaha tersebut. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling, dengan teknik olah data menggunakan uji analisis statistik deskriptif, uji kualitas data, uji analisis linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel Literasi Keuangan memberikan pengaruh positif terhadap kinerja UMKM, begitu pula dengan Variabel Budaya Organisasi menunjukkan adanya pengaruh positif terhadap kinerja UMKM di Kecamatan Sukolilo. Sedangkan Variabel Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi tidak memberikan pengaruh positif. Hasil penelitian ini didasarkan pada kualitas sumber daya manusia yang mendukung kinerja UMKM Kecamatan Sukolilo di masa new normal. Melalui penelitian yang dilakukan diharapkan peneliti selanjutnya mempertimbangkan variabel lainnya seperti akses kepada modal usaha lembaga keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wehartaty, Tineke
NIDN0714047401
tinekewm@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Literasi keuangan, penggunaan sistem informasi akuntansi, budaya organisasi, kinerja.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 12053 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2024 09:34
Last Modified: 31 Jul 2024 09:34
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33357

Actions (login required)

View Item View Item