Pengaruh strategi diversifikasi terhadap kinerja perusahaan dengan efisiensi sebagai variabel moderasi

Marbun, Adhei Ariana (2022) Pengaruh strategi diversifikasi terhadap kinerja perusahaan dengan efisiensi sebagai variabel moderasi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (25kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh strategi diversifikasi yang dibagi menjadi tiga yaitu diversifikasi terkait, diversifikasi tidak terkait, dan diversifikasi internasional terhadap kinerja perusahaan dengan efisiensi sebagai variabel moderasi. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori kontinjensi. Penerapan strategi diversifikasi pada perusahaan manufaktur mengakibatkan banyak biaya yang dikeluarkan sehingga memerlukan efisiensi. Penerapan efisiensi secara langsung akan mendukung keefektifan dari penerapan strategi diversifikasi tersebut dan mampu meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan objek perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Variabel independen pada penelitian ini adalah strategi diversifikasi yang terdiri dari diversifikasi terkait dan diversifikasi tidak terkait yang diukur dengan entropy index dan diversifikasi internasional yang diukur dengan rasio penjualan ekspor. Variabel dependen pada penelitian ini adalah kinerja perusahaan yang diukur dengan return on asset (ROA). Variabel moderasi pada penelitian ini adalah efisiensi yang diukur menggunakan metode Data Envelopment Analysis – BCC Model. Variabel kontrol pada penelitian ini adalah ukuran perusahaan (size) yang diukur dengan logaritma natural dari total aset perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa diversifikasi terkait, diversifikasi tidak terkait, dan diversifikasi internasional tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Hal ini dikarenakan masih mengabaikan efisiensi. Efisiensi memperkuat pengaruh diversifikasi terkait terhadap kinerja perusahaan dan efisiensi tidak memoderasi pengaruh diversifikasi tidak terkait maupun diversifikasi internasional terhadap kinerja perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Rachmawati, Dyna
NIDN0712077001
dyna@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Diversifikasi terkait, diversifikasi tidak terkait, diversifikasi internasional, kinerja perusahaan, efisiensi
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 11781 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2024 09:10
Last Modified: 31 Jul 2024 09:10
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33296

Actions (login required)

View Item View Item