Pengaruh alat permainan edukatif papan geometri terhadap kemampuan berpikir logis anak usia 4-5 tahun di TKK Taman Rini Surabaya

Wada, Maria Imelda Matik (2022) Pengaruh alat permainan edukatif papan geometri terhadap kemampuan berpikir logis anak usia 4-5 tahun di TKK Taman Rini Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (313kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan pada anak usia 4-5 tahun di TKK Taman Rini Surabaya terkait kemampuan berpikir logis. Permasalahan ini terlihat saat anak kurang mampu mengklasifikasikan, mengelompokkan dan mengurutkan benda berdasarkan bentuk, ukuran dan warna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat permainan edukatif papan geometri terhadap kemampuan berpikir logis anak usia 4-5 tahun di TKK Taman Rini Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan jenis pre-eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ini berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun sampel penelitian ini adalah 11 anak usia 4-5 tahun di TKK Taman Rini Surabaya dengan teknik pengambilan sampel berupa Sampling Purposive. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan perhitungan statistick IMB SPSS 22 menggunakkan uji N-Gain dan Uji Paired T berpasangan. Analisis data yang dilakukan memperoleh hasil Uji N-gain Score nilai minimal sebesar 63,44%, nilai maksimum sebesar 87,23%, dan nilai rata-rata diperoleh sebesar 78,14%. Dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif papan geometri efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia 4-5 tahun di TKK Taman Rini Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Takumansang, Regina Christine
NIDN0715058904
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Anak usia dini, papan geometri, kemampuan berpikir logis.
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Users 11110 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2022 08:50
Last Modified: 24 Jun 2022 08:50
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30640

Actions (login required)

View Item View Item