Buku cerita bergambar sebagai stimulasi keaksaraan anak usia 4-5 tahun

Bei, Anastasya Erda Jevera (2022) Buku cerita bergambar sebagai stimulasi keaksaraan anak usia 4-5 tahun. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (804kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V REVISI.pdf

Download (333kB)

Abstract

Keaksaraan pada anak termasuk salah satu lingkup aspek perkembangan bahasa. Keaksaraan pada anak usia 4-5 tahun yakni anak dapat mengenal simbol huruf a-z, mengenal simbol laki-laki dan perempuan dan mengenal suara hewan ayam, kucing dan anjing. Media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu buku cerita bergambar. Penggunaan buku cerita bergambar pada anak usia dini dapat dilakukan di rumah dan di lembaga PAUD. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui bagaimana buku cerita bergambar dapat menstimulasi keaksaraan anak usia 4-5 tahun. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun. Pendekatan dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Data dalam penelitian ini menggunakan jurnal dan buku yang relevan. Penelitian dilakukan dengan menganalisis hasil data yang ditemukan dari jurnal dan buku. Analisis pada penelitian ini dilakukan dengan menganalisis isi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa buku cerita bergambar dapat memberikan stimulasi keaksaraan pada anak usia 4-5 tahun. Tahapan keaksaraan pada anak usia 4-5 tahun yang didapatkan dari adanya buku cerita bergambar yaitu mengenal simbol huruf a-z, mengenal simbol laki-laki dan perempuan dan mengenal suara ayam, kucing dan anjing. Stimulasi keaksaraan pada anak usia 4-5 tahun dapat dilakukan oleh orang tua ketika di rumah dan pendidik di lembaga PAUD. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu buku cerita bergambar dapat dijadikan sebagai stimulasi keaksaraan pada anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Takumansang, Regina Christine
NIDN0715058904
regina@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Keaksaraan, buku cerita bergambar, anak usia 4-5 tahun.
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Users 11094 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:19
Last Modified: 24 Jun 2022 03:19
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30611

Actions (login required)

View Item View Item