Jordan, Airene Caroline (2022) Prosedur audit terhadap service charge pada Hotel IS. Diploma thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - AIRENE CAROLINE JORDAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1 - AIRENE CAROLINE JORDAN.pdf Download (614kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2 - AIRENE CAROLINE JORDAN.pdf Restricted to Registered users only Download (739kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3 - AIRENE CAROLINE JORDAN.pdf Restricted to Registered users only Download (816kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4 - AIRENE CAROLINE JORDAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5 - AIRENE CAROLINE JORDAN.pdf Download (602kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - AIRENE CAROLINE JORDAN.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Service charge merupakan biaya tambahan yang dibebankan kepada pelanggan atau tamu atas pelayanan jasa yang telah diberikan perusahaan yang nantinya akan disalurkan kembali kepada seluruh staf yang berkaitan. Pengakuan atas service charge ini telah ditentukan dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Pasal 7 Tahun 2016 tentang Uang Service Pada Usaha Hotel dan Usaha Restoran Di Hotel, dimana dijelaskan bahwa service charge akan dikelola dan dibukukan secara terpisah oleh operasional perusahaan. Namun masih banyak perusahaan yang masih mencatat service charge dalam kelompok operasional, salah satunya adalah Hotel IS. Saat mengaudit Hotel IS, ditemukan bahwa Hotel IS melakukan pencatatan terhadap akun service charge sebagai pendapatan dan biaya, dimana hal tersebut tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Pasal 7 Tahun 2016. Hal yang mendasari Hotel IS melakukan pengelolaan dan pembukuan atas service charge ke dalam kelompok operasional adalah mengacu pada hotel management agreement yang diterbitkan oleh perusahaan pusat (multinational hospitality company) yang menaungi Hotel IS. Namun, Hotel IS berdomisili di Indonesia sehingga pengakuan dan pengelolaan keseluruhan pada laporan keuangan harus menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Tujuan dari dibuatnya laporan tugas akhir ini adalah untuk memahami dan menerapkan langsung Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Pasal 7 Tahun 2016, terutama dalam pencatatan atas service charge. Oleh karena itu, pihak hotel perlu melakukan koreksi dan menghapus saldo-saldo service charge yang telah dibukukan sebagai pendapatan maupun biaya. Hal ini dikarenakan service charge merupakan hak karyawan dan pihak hotel hanya sebagai perantara. Pengoreksian ini bertujuan agar pelaporan keuangan perusahaan dapat sesuai dengan ketentuan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Department: | D3 - Akuntansi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Hartanto, Susanna NIDN0731058104 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Service charge, prosedur audit, hotel. |
Subjects: | Business > Accounting Diploma |
Divisions: | Faculty of Vocational > Accounting Diploma Study Program |
Depositing User: | Users 11121 not found. |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 09:11 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 09:11 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30606 |
Actions (login required)
View Item |