Pengaruh kegiatan menganyam terhadap kemampuan mengklasifikasikan benda pada anak usia 4-5 tahun di RT 06/RW 01 Desa Nusa Tunggal, Kecamatan Belitang III, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan

Sinarlim, Sinarlim (2022) Pengaruh kegiatan menganyam terhadap kemampuan mengklasifikasikan benda pada anak usia 4-5 tahun di RT 06/RW 01 Desa Nusa Tunggal, Kecamatan Belitang III, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (666kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan mengayam terhadap kemampuan mengklasifikasikan benda pada anak usia 4-5 tahun di RT 06RW 01 Desa Nusa Tunggal, Kecamatan Belitang III, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan. Dimana pada observasi yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa terdapat 20 anak dari 26 anak usia 4-5 tahun yang berada di RT 06/RW 01 Desa Nusa Tunggal, Kecamatan Belitang III, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan kurang berkembang dengan baik dalam kemampuan mengklasifikasikan benda. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pre experimental dengan one group pretest posttest. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 24 anak usia 4-5 tahun di RT 06/RW 01 Desa Nusa Tunggal, Kecamatan Belitang III, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji normalitas, uji N-Gain, dan uji paired sample t-test. Hasil uji Normalitas dalam penelitian ini adalah 0.74, dimana nilai tersebut lebih besar dari 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa data dalam penelitian ini adalah normal. Hasil Uji N-Gain adalah sebesar 75, 29. Hasil uji paired sample t-test menunjukan nilai signifikansi sebesar 0.000. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini yaitu Ho ditolak dan Ha diterima dimana hal tersebut berarti terdapat pengaruh antara kegiatan mengayam terhadap kemampuan mengklasifikasikan benda pada anak usia 4-5 tahun di RT 06/RW 01 Desa Nusa Tunggal, Kecamatan Belitang III, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Anggraini, Kristin
NIDN0707097903
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kegiatan menganyam, kemampuan mengklasifikasikan benda.
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Users 10998 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:16
Last Modified: 22 Jun 2022 04:16
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30322

Actions (login required)

View Item View Item