Corporate apologia dalam merespon krisis (studi deskriptif analisis isi PT. Aneka Tambang dalam pemberitaan tuntutan ganti rugi 1,1 ton emas di Media Online Detik.com dan Kompas.com)

Dewanti, Agatha Reyne Khrisna (2021) Corporate apologia dalam merespon krisis (studi deskriptif analisis isi PT. Aneka Tambang dalam pemberitaan tuntutan ganti rugi 1,1 ton emas di Media Online Detik.com dan Kompas.com). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori corporate apologia dalam kasus tuntutan ganti rugi 1,1 ton emas oleh Budi Said kepada PT. Aneka Tambang (Antam). Penelitian ini menggunakan indikator dari dua jenis permintaan maaf Apologi Penuh dan Apologi Parsial, serta empat strategi apologia Deny, Bolstering, Re-definition (Diferensiasi, Transenden, Provokasi, Minimisasi, Pemisahan) dan Conciliation. Kasus yang dialami oleh Antam sebagai bentuk krisis. Humas sebagai unsur terpenting pada perusahaan dituntut untuk mengambil langkah yang cepat dan tepat dalam meresponnya. Analisis dalam penelitian ini yakni pada pemberitaan kasus tuntutan ganti rugi 1,1 ton emas kepada Antam pada media online Detik.com dan Kompas.com. Sampel pada penelitian ini sebanyak 23 pemberitaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Analisis Isi guna menganalisis pesan pemberitaan menggunakan teori corporate apologia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Antam mengambil langkah deny dan bolstering strategy. Langkah deny strategy tersebut berupa bentuk penyangkalan terhadap segala tuduhan yang dilimpahkan pada Antam. Bolstering strategy juga menjadi salah satu strategi Antam untuk memgingatkan Kembali kepada publiknya tentang hal baik yang dilakukan selama melakukan transaksi jual beli emas Antam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Nugraheni, Yuli
NIDN0630077303
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Hartiana, Theresia Intan Putri
NIDN0725058704
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Coporate apologia, krisis, PT. Aneka Tambang, media online, detik.com, kompas.com
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: AGATHA REYNE KRHRISNA DEWANTI
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:49
Last Modified: 07 Jan 2022 06:49
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27761

Actions (login required)

View Item View Item