Liang, Shania (2020) Kecenderungan perilaku narsistik dengan intensitas penggunaan media sosial instagram. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (307kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (333kB) | Preview |
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (207kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
Abstract
Media sosial merupakan sekelompok aplikasi berbasis internet yang digunakan untuk berbagai tujuan seperti berkomunikasi dan berbagi informasi. Dalam penggunaan media sosial individu memiliki kebebasan yang menyebabkan pengguna tidak menyajikan atau mengungkapkan diri sepenuhnya karena individu dapat membangun image yang diinginkan. Berdasarkan kebebasan penggunaan tersebut, media sosial dianggap dapat digunakan untuk mengidentifikasi kecenderungan perilaku narsistik. Kecenderungan perilaku narsistik merupakan rasa cinta yang berlebih terhadap dirinya sendiri sehingga ingin dipuja, ingin mendapatkan kasih sayang, memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan tidak memiliki empati terhadap orang lain atau lingkungan di sekitarnya. Individu dengan kecenderungan perilaku narsistik seringkali menggunakan media sosial sebagai tempat untuk mencari pengakuan terhadap dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan media sosial instagram dengan kecenderungan perilaku narsistik. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Perguruan Tinggi di Surabaya yang masih aktif dan menggunakan media sosial instagram. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 130 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah NPI-16 untuk mengukur variabel kecenderungan perilaku narsistik dan menggunakan unstructured questionnaire (pertanyaan lama waktu) untuk mengukur variabel intensitas penggunaan media sosial. Hasil uji asumsi normalitas tidak terpenuhi sehingga peneliti menggunakan teknik analisa statistik non parametrik Kendall’s Tau-b. Hasil pengolahan data menunjukan nilai sig. sebesar 0,010 (p < 0,05) dan koefisien korelasi r = 0,215. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif antara intensitas penggunaan media sosial instagram dengan kecenderungan perilaku narsistik pada mahasiswa di Perguruan Tinggi di Surabaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Psikologi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Hapsari, Elisabeth Widyaning NIDN0704118303 elisabetwidyaninghapsari@gmail.com Thesis advisor Engry, Agustina NIDN0718089102 agustina-engry@ukwms.ac.id.com |
Uncontrolled Keywords: | Narsistik, narsisme, media sosial |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Shania Liang |
Date Deposited: | 27 Jan 2021 08:14 |
Last Modified: | 27 Jan 2021 08:14 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24214 |
Actions (login required)
View Item |