Wardani, Hesti Kusuma (2020) Gambaran work enggagement pada guru anak berkebutuhan khusus di SDN "X" Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (612kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (261kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (854kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (910kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada gambaran work engagement pada guru anak berkebutuhan khusus di SDN “X” Surabaya. Peran work engagement sendiri penting bagi seorang guru pendidikan khusus karena dengan memiliki keterikatan dalam pekerjaannya seorang guru akan bekerja secara maksimal dan senang dalam pekerjaannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan analisa data theory-led thematic analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran work engagement yang terlihat dari ketiga dimensi work engagement dalam wujud perilaku yang tercermin dari ketiga informan dalam penelitian ini. Ketiga dimensi work engagement tersebut adalah Vigor, Dedication, Absorbtion. Vigor, yaitu informan mampu menghadapi tantangan yang muncul dalam pekerjaannya baik secara internal maupun eksternal serta ketahanan mental terdadap tantangan yang muncul meskipun informan tahu resikonya. Dedication yaitu adanya usaha yang dilakukan informan selama menjadi GPK baik dalam mengajar maupun menyelesaikan permasalahan diluar pembelajaran, adanya rasa bangga yang muncul ketika melihat muridnya berhasil dalam bimbingannya serta adanya antusias, kedekatan dan kesabaran informan dalam menjalankan pekerjaannya sebagai GPK, dan Absorption yaitu adanya perasaan senang, syukur dalam menjalankan pekerjaan sebagai GPK, serta informan tetap memepertahankan pekerjaannya sebagai GPK karena rasa nyaman dalam mengjalannkan pekerjaannya. Adanya dukungan sosial yang muncul dari teman- teman informan yang bekerja di SDN “X” Surabaya, keluarga informan, lingkungan informan juga mempengaruhi terbentuknya dimensi work engagement.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Psikologi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Hapsari, Elisabet W. NIDN0704118303 elisabet_hapsari@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Guru pendidikan khusus, work engagement, dukungan sosial |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Users 8212 not found. |
Date Deposited: | 07 Jul 2020 10:12 |
Last Modified: | 07 Jul 2020 10:12 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22011 |
Actions (login required)
View Item |