Hubungan antara persepsi desain lingkungan fisik kelas dengan kemampuan berkomunikasi pada mahasiswa

Iryanto, Fabian Gunawan (2004) Hubungan antara persepsi desain lingkungan fisik kelas dengan kemampuan berkomunikasi pada mahasiswa. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Persepsi desain lingkungan fisik kelas yang dilakukan mahasiswa menimbulkan terjadinya penilaian yang dilakukan mahasiswa tersebut tentang desain lingkungan fisik kelasnya. Hal ini dapat secara langsung mempengaruhi kemampuan berkomunikasi dari mahasiswa yang bersangkutan dalam mengikuti perkuliahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara persepsi desain lingkungan fisik kelas dengan kemampuan berkomunikasi pada mahasiswa. Subyek diperoleh melalui purposive sampling dengan ciri-ciri khusus (mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala angkatan 2003/semester 1 ). Peneliti tidak membedakan jenis kelamin dari subyek penelitian. Metode pengumpulan datanya menggunakan angket kemampuan berkomunikasi dan angket persepsi desain lingkungan fisik kelas. Berdasarkan hasil uji validitas, dari 32 aitem angket kemampuan berkomunikasi dinyatakan sahih/valid semuanya dengan keofisien reliabilitasnya sebesar 0,8514. Sedangkan dari 24 aitem angket persepsi desain lingkungan fisik kelas dinyatakan sahih/valid scbanyak 20 aitem dengan keofisien reliabilitasnya sebesar 0,7995. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik non parametrik korelasi kendall's tau_h dan hasil yang diperoleh rxy=0,651: p=(0,000)<0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara persepsi desain lingkungan fisik kelas dengan kemampuan berkomunikasi pada mahasiswa. Semakin baik persepsi desain lingkungan fisik kelas yang diberikan pada mahasiswa, maka semakin baik pula kemampuan berkomunkasi yang dimilikinya. Sebagian besar mahasiswa memiliki persepsi yang baik terhadap desain lingkungan fisik kelas yang mereka tempati. Persepsi desain lingkungan fisik kelas yang baik tersebut mampu mengembangkan kemampuan berkomunikasi yang dimiliki oleh mahasiswa yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 27 May 2015 02:50
Last Modified: 27 May 2015 02:50
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item View Item