Pengaruh pemberian edukasi pada pasien pengguna antibiotik tanpa resep di Apotek "X" wilayah Surabaya Selatan

Indriani, Novita (2017) Pengaruh pemberian edukasi pada pasien pengguna antibiotik tanpa resep di Apotek "X" wilayah Surabaya Selatan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)

Abstract

Antibiotik merupakan salah satu alternatif untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri.Penggunaan antibiotik secara tidak tepat dapat menyebabkan semakin meluasnya masalah resistensi antibiotik. Upaya untuk menekan masalah resistensi salah satunya dengan pemberian edukasi dan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan masyarakat terhadap penggunaan antibiotik di Apotek wilayah Surabaya Selatan. Dalam penelitian ini digunakan tiga kelompok populasi yang masing – masing diberi metode edukasi berbeda yaitu Focus Group Discussion (FGD) + booklet, Focus Group Discussion (FGD) + poster dan Training Of Trainer (TOT). Didapatkan hasil bahwa metode TOT dapat meningkatkan pengetahuan responden dari 74,88% menjadi 100%, FGD + bookletmeningkatkan pengetahuan dari 62,22% menjadi 94,44% sedangkan FGD + poster meningkatkan pengetahuan dari 45,83% menjadi 92,5%. Dapat disimpulkan bahwa dengan metode FGD + poster memberikan peningkatan pengetahuan tertinggi bagi responden. Hal ini disebabkan karena penggunaan poster menarik dan mudah untuk dipelajari.Pemberian edukasi dengan ketiga metode tersebut dapat meningkatkan pengetahuan pada kriteria indikasi, lama penggunaan, waktu penggunaan, resistensi dan efek samping antibiotik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Antibiotik, apotek, edukasi, FGD, pengetahuan, TOT
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 3817 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2017 01:51
Last Modified: 27 Jan 2017 01:51
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/9618

Actions (login required)

View Item View Item