Ong, Siong Chin (2017) Perencanaan rute pengiriman terpendek menggunakan model matematis VRPTW (studi kasus CV X). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (872kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (96kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 6)
BAB VI.pdf Download (204kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) | Request a copy |
Abstract
Distribusi adalah kegiatan penyaluran barang atau jasa yang dilakukan dari produsen ke konsumen yang tersebar. Transportasi memiliki peran yang sangat penting bagi pendistribusian karena transportasi merupakan media dalam penyaluran barang atau jasa. CV X merupakan salah satu perusahaan tekstil di Surabaya dengan produknya kain sprei. Dalam menjalankan kegiatan distribusinya, perusahaan tidak mempunyai prosedur penentuan rute melainkan rute yang dilalui sesuai dengan perkiraan dan pengalaman pengirim saja sehingga mengakibatkan kurang efisiennya kegiatan pengiriman barang karena akan berdampak pada pembengkakan biaya transportasi. Pada metode VRPTW dilakukan perhitungan rute optimal dengan mempertimbangkan jarak yang disempurnakan dengan mempertimbangkan kecukupan waktu dari setiap pelanggan. Hasil rute yang didapatkan adalah rute pengiriman yang pertama didapatkan adalah berawal dari Depot menuju Toko Jing lalu ke Toko Mei, Toko Acen, Toko Yanto, Toko Yosia dan kemudian kembali ke Depot. Total jarak yang ditempuh 41.6 km dan total waktu 226.5 menit serta kapasitas angkutnya sebesar 43 roll. Rute pengiriman yang kedua didapatkan adalah berawal dari Depot menuju Toko LN lalu ke Toko DRM, Toko SB, Toko Wan Mei dan kemudian kembali ke Depot. Total jarak yang ditempuh 9.4 km dan total waktu 134.5 menit serta kapasitas angkutnya adalah 36 roll. Pada saat terjadi peningkatan permintaan yang cukup tinggi pada toko tertentu maka akan membuat nilai dari waktu unloading semakin besar sehingga akan membuat hasil rute yang terbentuk berbeda dengan rute sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa waktu unloading mempunyai peranan yang penting bagi terbentuknya suatu rute yang optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW), persamaan matematis, transportasi, distribusi |
Subjects: | Engineering > Industrial Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program |
Depositing User: | Users 3799 not found. |
Date Deposited: | 25 Jan 2017 08:40 |
Last Modified: | 25 Jan 2017 08:40 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/9603 |
Actions (login required)
View Item |