Pengaruh citra perusahaan dan perceived value pada word of mouth melalui kepuasan konsumen asuransi jiwa bersama (AJB) Bumiputera 1912 cabang Pare, Kediri

Budiman, Angelia Wulansari (2016) Pengaruh citra perusahaan dan perceived value pada word of mouth melalui kepuasan konsumen asuransi jiwa bersama (AJB) Bumiputera 1912 cabang Pare, Kediri. Masters thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)

Abstract

Persaingan antar perusahaan asuransi semakin ketat, perusahaan harus memahami perilaku dan memenuhi kebutuhan konsumen untuk mencapai kepuasan konsumen. Citra perusahaan yang buruk akan membuat konsumen yang tidak puas mencari perusahaan lain yang bisa memenuhi harapan mereka. Kepuasan konsumen merupakan perbandingan antara harapan dan kinerja dengan pengorbanan yang telah diberikan oleh konsumen, sehingga perceived value dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Nasabah yang memperoleh produk atau jasa yang sesuai atau melebihi harapan, cenderung akan memberikan tanggapan yang positif bagi perusahaan. Salah satunya adalah memberikan word of mouth kepada rekanrekannya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh citra perusahaan dan perceived value pada word of mouth melalui kepuasan konsumen Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 cabang Pare, Kediri. Sampel yang digunakan berjumlah 166 orang nasabah Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 cabang Pare, Kediri. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah structural equation model. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa semua hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima, dimana hipotesis pertama citra perusahaan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,24 dengan nilai t-value sebesar 3,04, hipotesis kedua perceived value berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,43 dengan nilai t-value sebesar 5,07, hipotesis ketiga kepuasan konsumen berpengaruh terhadap word of mouth sebesar 0,46 dengan nilai t-value sebesar 5,23, hipotesis keempat citra perusahaan berpengaruh terhadap word of mouth melalui kepuasan konsumen sebesar 0,11 dengan nilai t-value sebesar 2,73, dan terakhir hipotesis kelima perceived value berpengaruh terhadap word of mouth melalui kepuasan konsumen pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Cabang Pare, Kediri sebesar 0,20 dengan t-value sebesar 3,92. Sedangkan saran yang diajukan adalah dilakukan pengembangan yang lebih luas pada penelitian selanjutnya. Saran untuk perusahaan adalah perusahaan perlu untuk meningkatkan tanggung jawab sosial perusahaan. Hendaknya perusahaan lebih banyak menawarkan produk asuransi yang sesuai dengan kemampuan nasabah. Selain itu perusahaan perlu menjaga kepuasan konsumennya dengan memenuhi ekspektasi yang diharapkan oleh konsumen.

Item Type: Thesis (Masters)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined]
Uncontrolled Keywords: Citra perusahaan, perceived value, kepuasan konsumen, word of mouth
Subjects: Business
Business > Strategic Management
Divisions: Graduate School > Master Program in Management
Depositing User: Users 3580 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2016 01:59
Last Modified: 27 Sep 2016 01:59
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/8594

Actions (login required)

View Item View Item