Pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderating pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI

Christina, Rosiana (2013) Pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderating pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (714kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)

Abstract

Dalam melakukan aktivitas bisnisnya, seringkali kegiatan perusahaan berdampak terhadap masalah sosial, polusi dan limbah, sehingga perusahaan wajib melakukan aktivitas tanggung jawab sosial. Aktifitas tanggung jawab sosial perusahaan ini perlu diungkapkan agar investor mengetahui keadaan perusahaan sehingga tertarik untuk menanamkan modalnya di perusahaan, sehingga nilai perusahaan akan meningkat. Adanya kepemilikan saham oleh manajerial perusahaan akan mendukung kondisi tersebut, karena kepemilikan manajerial yang besar akan efektif memonitoring aktivitas perusahaan agar berjalan sesuai dengan kebijakan perusahaan, salah satunya adalah kebijakan pengungkapan sosial, sehingga nilai perusahaan akan naik. Oleh karena itu penelitian ini akan menguji dan menganalisis pengaruh tanggung jawab sosial terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderating pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2011. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan hipotesis yang menggunakan variabel pengungkapan tanggung jawab sosial, nilai perusahaan dan kepemilikan manajerial. Data berupa laporan tahunan dan closing price saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2009-2011. Sumber data diperoleh dari situs BEI berupa data sekunder. Teknik analisis datamenggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderating tidak berpengaruh dalam pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan manajerial sebagai variabel moderating memperlemah pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial terhadap nilai perusahaan. Hal ini disebabkan karena kepemilikan manajerial masih sedikit diterapkan di perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan tanggung jawab sosial, nilai perusahaan, kepemilikan manajerial
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 19 Feb 2016 05:25
Last Modified: 19 Feb 2016 05:25
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/5980

Actions (login required)

View Item View Item