Penerapan Psychological Capital Pada Industri Skala Usaha Menengah (Kajian Peran, Pengaruh dan Tantangan).

Dewi, Desak Nyoman Arista Retno (2018) Penerapan Psychological Capital Pada Industri Skala Usaha Menengah (Kajian Peran, Pengaruh dan Tantangan). In: Seminar dan Temu Ilmiah Positive Psychology 2018 Positive Psychology in Dealing With Multigeneration Universitas Pertamina Jakarta, 15-9-2018, Universitas Pertamina Jakarta.

[thumbnail of Penerapan Psychological Capital Pada Industri Skala Usaha Menengah (Kajian Peran, Pengaruh dan Tantangan).] Text (Penerapan Psychological Capital Pada Industri Skala Usaha Menengah (Kajian Peran, Pengaruh dan Tantangan).)
10p-Penerapan_psychological_capital_pada_.pdf

Download (476kB)

Abstract

Secara umum psychological capital merupakan salah satu konsep psikologi positif yang fokus pada hal yang benar, tepat dan kekuatan yang dapat membuat individu menjadi lebih positif, bermanfaat, dan mengaktualisasikan potensi yang dimiliki. Bagian dari karakteristik personal, psychological capital berorientasi pada kekuatan positif dan kapasitas psikologis yang dapat mendukung peningkatan kinerja di tempat kerja. Dalam peneraannya di organisasi dan industri, psychological capital berorientasi pada keluaran berupa produktivitas dan tercapainya well being. Namun tercapainya keluaran tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor pembentuknya. Salah satu dintaranya adalah karakteristik organisasi dan industri, seperti iklim organisasi, kepemimpinan, karateristik pekerjaan dan pekerja, dan demografi. Pada industri dengan skala usaha menengah umumnya memiliki karakteristik usaha yang melibatkan keluarga atau teman dalam proses produksi dengan status pekerja paruh waktu atau musiman dan tidak tergabung dalam perserikatan pekerja. Pendokumentasian proses kerja cenderung kurang formal, gaya manajemen relatif kurang menekankan pada kemampuan, pengalaman, dan pelatihan, memiliki struktur organisasi yang sederhana dengan garis komunikasi yang pendek dan cenderung menekankan komunikasi oral. Menarik untuk mengetahui bagaimana peran dan pengaruh psychological capital dalam mendukung produktivitas dan tercapainya well being, serta apa yang menjadi tantangannya. Penelitian ini mencoba mengkaji dan memetakan peran, pengaruh, dan tantangan penerapan psychological capital pada industri dengan skala usaha menengah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: psikologi positif, psychological capital, karakteristik organisasi, industri skala usaha menengah
Subjects: Psychology
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 14 Aug 2024 07:27
Last Modified: 14 Aug 2024 07:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40841

Actions (login required)

View Item View Item