Kajian Pengaruh safety Leadership Pada Safety Performance Karyawan.

Dewi, Desak Nyoman Arista Retno (2017) Kajian Pengaruh safety Leadership Pada Safety Performance Karyawan. In: Temu Ilmiah APIO Nasional 2017 Mengelola dan Melejitkan Talenta Gen Y di Era Digital Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi (APIO) - HIMPSI, 19 Mei 2017, Yogyakarta.

[thumbnail of Kajian Pengaruh safety Leadership Pada Safety Performance Karyawan.] Text (Kajian Pengaruh safety Leadership Pada Safety Performance Karyawan.)
9p-Kajian_pengaruh_safety_leadership_.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiap tahun jumlah kasus kecelakaan kerja meningkat di Surabaya. Data ini juga diikuti dengan jumlah klaim setiap tahun yang tidak kecil. Salah satu penyebab kecelakaan kerja adalah tidak adanya safety performance. Safety performance adalah perilaku kerja yang fokus pada keselamatan di tempat kerja. Perilaku ini mengacu pada perilaku kerja yang patuh pada peraturan keselamatan kerja (safety compliance) dan perilaku kerja yang berpartisipasi aktif dalam aktivitas keselamatan kerja (safety participation). Safety performance ini dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah peran pemimpin. Pemimpin melalui karakteristik personal dan gaya kepemimpinannya dapat memberikan pengaruh dan merubah sikap dan perilaku kerja bawahan berdasarkan otoritas dan kewenangan yang dimilikinya. Dalam konteks keselamatan kerja, pemimpin yang fokus pada keselamatan kerja atau yang disebut safety leadership. Pemimpin ini dapat mempengaruhi tingkat keselamatan pada lingkungan kerja melalui peningkatan perilaku keselamatan karyawan dan mengurangi kecelakaan dan cidera. Metode penelitian: Review dan sintesis literatur Hasil penelitian: Pendekatan gaya atau karakteristik kepemimpinan dan pendekatan perilaku spesifik pemimpin merupakan pendekatan safety leadership yang menunjukkan pengaruh terhadap safety performance baik pada safety compliance dan safety participation.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Safety performance, leadership style, safety leadership
Subjects: Psychology
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 14 Aug 2024 06:52
Last Modified: 14 Aug 2024 06:52
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40840

Actions (login required)

View Item View Item